Lakukan Koordinasi Terkait Kepemilihan, KPU Buol Kunjungi Warga Binaan Lapas Kelas III Leok

IKNews, Buol – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol, mengunjungi Lapas Buol dalam rangka koordinasi terkait daftar pemilih. Jumat 03 Maret 2023.

Kunjungan tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Buol, Alamsyah SE dan didampingi ketua divisi Data dan Informasi, Saida, Kepala Sub Bagian Perencanaan Data dan Informasi, Ketua PPK Biau, Ahmad, Divisi sosialisasi, Wawan, serta Divisi data dan informasi Santi Korompot ,PPS Leok II beserta Oprator Sidalih KPU Buol.

Dalam kesempatan ini ketua KPU Buol Alamsyah SE menjelaskan, maksud dari kunjungan ini untuk menjalin koordinasi antar lembaga guna terfasilitasinya hak pemilih di Lapas kelas III Leok dalam Pemilu 2024 dan untuk memastikan proses tahapan menuju pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 oleh KPU berjalan dengan baik sehingga dapat memastikan terpenuhinya hak memilih bagi warga binaan pemasyarakatan kelas III Leok.

Disisi lain, Kedatangan Tim KPU Buol disambut oleh Kalapas Buol di ruang Kerjanya.

Komisioner Divisi data dan Informasi Saida menyampaikan, bahwa koordinasi dengan Lapas Buol merupakan salah satu cara untuk memelihara dan mendata daftar pemilih secara terus menerus dan berkelanjutan.

Tim dari KPU juga menjelaskan khusus warga binaan yang ada di dalam Lapas tidak mungkin mengurus pindah memilih, sehingga pendataan akan dilakukan berdasarkan NIK, alamat dan penanggung jawab selanjutnya KPU akan menyediakan surat suara dan TPS khusus di Lapas Buol

Edi Yulianto SH MH Selaku Kalapas menyampaikan jika Lapas Buol siap memenuhi hak keperdataan warga binaan dalam penyelenggaraan pemilu serta akan terus melakukan koordinasi terkait pendataan jumlah warga binaan di Lapas yang memiliki hak pilih, sehingga seluruh warga binaan yang memenuhi syarat biasa terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Pada kesempatan ini Kalapas menyerahkan data warga binaan Lapas buol kepada Tim KPU secara simbolis dilanjutkan dengan melakukan peninjauan aula Lapas Buol yang akan digunakan sebagai TPS khusus bagi warga binaan saat pelaksanaan Pemilu tahun 2024. ***

Reporter : Jamaludin

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here