Beranda Sulawesi Tengah Buol KPU Buol Gelar Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Pada Pemilu...

KPU Buol Gelar Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Pada Pemilu 2024

54
0
KPU Buol Gelar Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Pada Pemilu 2024

IKNews, BUOL – KPU Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar sosialisasi Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD pada pemilu 2024, bertempat di Surya Wisata Hotel, Jum’at (10/03/23).

Dalam penyampain divisi sosialisasi masyarakat dan SDM KPU Provinsi Sulteng, DR Sahran Raden, selaku pemateri mengatakan system proporsional merupakan system pemilihan yang memperhatikan perimbangan antara jumlah penduduk dengan jumlah kursi di suatu Dapil.

“Dengan system ini makan dalam lembaga perwakilan daerah yang memiliki penduduk lebih besar akan memperoleh kursi lebih banyak demikian pula sebaliknya,”kata Sahran Raden.

Sahran menambahkan, system proporsional juga mengatur proporsi antara jumlah suara yang diperoleh suatu Parpol kemudian dikonversikan menjadi kursi perolehan partai tersebut.
“Karena adanya perimbangan antara jumlah suara dengan kursi,”sambung Sahran.

Dalam materinya Sahran juga memaparkan PKPU 6 tahun 2023 tentang penetapan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten/kota.

Selanjutnya, Pj Bupati Buol M Muchlis dalam sambutannya menekankan peran semua pihak untuk turut mensukseskan pemilu 2024.

Muchlis juga mengingatkan tentang fasilitasi Pemerintah daerah Kabupaten Buol untuk membantu kelancaran tugas penyelenggara Pemilu di seluruh tingkatan.

Sementara Ketua KPU Alamsyah dalam sambutannya, menyatakan sebelum Dapil untuk Kabupaten Buol di usukan ke KPU RI. Pihaknya terlebih dahulu membuat rancangan Dapil anggota anggota DPRD Kabupaten Buol.

Selanjutnya, kata Alamsyah pihaknya mensosialisasikan dan melakukan uji publik terhadap tiga rancangan Dapil tersebut.

“Seluruh tahapan dalam PKPU 6 tahun 2022 terkait dengan penataan Dapil dan alokasi kursi telah kami laksanakan, baik rancangan Dapil, sosialisasi, uji publik dan pengusulan rancangan Dapil untuk anggota DPRD Kabupaten Buol,”tandas Alamsyah.

Acara dihadiri oleh, Dinas Kominfo, Kaban Kesbangpol, perwakilan Kaban Pol PP dan Linmas, perwakilan Disdukcapil, Pabung Buol-Tolitoli, Sekertariat Bawaslu Buol, Camat Biau, pimpinan Parpol.

Turut pula hadir tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan Ormas serta sejumlah perwakilan dari media cetak dan elektronik yang di Kabupaten Buol.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini