Beranda Sumut Kab. Asahan Kapolres Asahan Sambut Kedatangan Tim Investigasi Dumas Presisi Polda Sumut

Kapolres Asahan Sambut Kedatangan Tim Investigasi Dumas Presisi Polda Sumut

101
0

IKnews, ASAHAN – Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj menyambut kedatangan Tim investigasi Dumas Presisi Polda Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka sosialisasi serta pengecekan secara langsung aplikasi Dumas Presisi dan aplikasi SP4N Lapor di Polres Asahan.

Bertempat di Aula Wira Satya Polres Asahan Lantai II Polres Asahan, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan sosialisasi dan pengecekan secara langsung Aplikasi Dumas Presisi dan Aplikasi SP4N Lapor dipimpin Kasubag Dumasanwas Polda Sumut, Kompol Drs. Pantas Sinaga selaku Tim Investigasi.

Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj dalam kesempatannya mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan seluruh Tim Investigasi dari Polda Sumut yang sudah hadir untuk memberikan sosialisasi terkait dengan Dumas Presisi.

Kami mohon bimbingan dan arahan terkait dengan pelaporan Dumas secara cepat yang nantinya akan dijelaskan oleh Tim Investigasi.

“Dari 3 pilar TNI-POLRI dan Pemerintah Kabupaten Asahan, mari kita bekerja sama, di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Kel/Desa dalam menangani perkara di masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, sebut Roman, semoga dengan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, kita dapat menciptakan pelayanan yang terbaik dalam mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat.

“Bahwasannya Polres Asahan memiliki 9 Polsek dan 2 Polsubsektor yang terbagi di 25 Kecamatan. Kami mohon pencerahan terkait dengan sistem pelaporan Dumas terbaru yang berbasis Aplikasi,” jelasnya.

Dengan adanya aplikasi ini semoga dapat meningkatkan kuwalitas kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat di Polres Asahan,” tandasnya.

Sementara itu, Tim Investigasi Dumas Presisi Polda Sumut, Kompol Drs. Pantas Sinaga mengatakan, berdasarkan surat edaran Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor : SE/5/II/2021, tanggal 24 Februari 2021 tentang sistem informasi penanganan pengaduan masyarakat terintegrasi di lingkungan Polri.

Seiring dengan kebijakan Kapolri tentang transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan dituangkan pada program 16 Target kegiatan prioritas Polri pada Tahun 2022 diantaranya pemberlakuan sistem pengaduan online yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana kontrol maka diluncurkan aplikasi Dumas Presisi.

“Aplikasi Dumas Presisi merupakan aplikasi pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai sarana penyampaian saran dan keluhan terkait pelayanan Polri serta guna mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucap Pantas.

Sambungnya, aplikasi Dumas Presisi juga berfungsi sebagai sarana yang memudahkan masyarakat untuk mengadukan kinerja dari personil Polri.

Aplikasi Dumas Presisi sebagai media penanganan pengaduan yang dapat dipantau perkembangannya secara langsung oleh masyarakat.

Selain itu, aplikasi Dumas Presisi ini bertujuan untuk mewujudkan transparansi pada Polri. Pengaduan dapat diakses oleh masyarakat selama 24 jam dan di mana saja tanpa perlu datang ke kantor Polisi karena menggunakan aplikasi.

“Aplikasi Dumas Presisi memiliki operator baik yang ada di Polres dan di Polda dengan tujuan agar kecepatan penyelesaian pelaporan Dumas secara online,” jelas Pantas.

Ia juga menambahkan,
bahwasanya aplikasi SP4N LAPOR ada disetiap Lembaga. Untuk lebih jelasnya agar sama – sama, kita mengikuti paparan terkait sosialisasi Aplikasi Dumas Presisi,” cetusnya.

Reporter : Doni Damara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini