Kampus Politeknik ELBajo Commudus, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

IKNew, MANGGARAI BARAT – Dalam meningkatkan potensi Sumber Daya Masyarakat (SDM) Desa di Manggarai Barat, Kampus Politeknik ELBajo Commudus, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengundang jajaran pemerintah Desa se Kabupaten Manggarai Barat, untuk memaparkan upaya pemberian daya atau peningkatan keberdayaan.

Pemberdayaan masyarakat dapat sebagai upaya untuk memandirikan masyarakat agar mampu berpartisipasi aktif dalam segala aspek pembangunan yang ada di desa, dan itu merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Dosen Politeknik ELBajo, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. Potensi desa Manggarai Barat mengatakan, Formula utama desa terwujud dalam gaya hidup dan kualitas hidup masyarakat lokal. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan masyarakat ini menggunakan metode Partcipatory Learning And Action (PLA) atau proses belajar serta praktik secara partisipatif.

“Dengan demikian, suatu desa harus terus dan secara kreatif mengembangkan identitas atau ciri khas daerah. Terkait dengan pemodelan desa, terdapat beberapa unsur yang perlu diperhatikan yaitu; partisipasi masyarakat setempat, dalam pengembangan mutu produk desa disetiap sektor, seperti Desa pariwisata, pembinaan kelompok pengusaha setempat, dan keaslian. Keaslian akan memberikan manfaat bersaing bagi produk wisata pedesaan. Unsur keaslian produk yang utama adalah kualitas,” katanya.

Lanjutnya, sebagian besar potensi wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terdiri dari daerah pedesaan yang indah dan alami.

“Dibalik keindahan suasana desa juga akan menyimpan banyak potensi yang bila dikembangkan dan digarap dengan baik bisa meningkatkan perekonomian masyarakat secara keseluruan,” tutupnya

Dari hasil pantauan Media ini, kegiatan yang berlansung di Aula Kampus Politeknik ELBajo, yang dihadiri oleh, Kepala Dinas Pariwisata Pius Baut, para Camat, Kepala Desa se Manggarai Barat.

Reporter : Sans Petra

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here