Beranda Daerah Bolmong Kadisdik Bolmong Buka Lomba O2SN dan FL2SN

Kadisdik Bolmong Buka Lomba O2SN dan FL2SN

145
0
Kadisdik Bolmong Buka Lomba O2SN dan FL2SN
Kadisdik Bolmong Renti Mokoginta, saat pimpin upacara pembukaan lomba O2SN dan FL2SN di Pusatkan di Lapangan Olahraga Desa Insil, Kecamatan Passi Timur, Senin 20 Maret 2023. (Photo Diskomonfo Bolmong)

IKNews, BOLMONG — Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Hi Renti Mokoginta SPd MAP, secara resmi membuka lomba antar siswa SD dan SMP se Bolmong, yang dilaksanakan di Desa Insil, Kecamatan Passi Timur, Senin (20/03/2023).

Renti Mokoginta yang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Ir Limi Mokodompit, berkesempatan membuka langsung perlombaan yang diikuti oleh 867 siswa.

Adapun kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut, menampilakan  berbagai perlombaan, yakni lomba Olimpiade Olahraga siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) dan cabang olahraga Gala Siswa Indonesia  (GSI).

Diketahui untuk cabang olahraga (Cabor) O2SN sendiri meliputi Atletik, senam, renang, bulu tangkis, pencak silat dan karate. Dan untuk FL2SN yang merupakan wadah berkompetisi dan berkesenian untuk siswa Indonesia, meliputi lomba menyanyi tunggal, membuat gambar bercerita, desain poster, seni tari, kraetivitas musik tradisional, bermain gitar, kriya anyam dan pantonim. Sedangkan untuk GSI sendiri adalah cabang olahraga sepak bola antar siswa.

Dalam sambutannya, Renti Mokoginta mengapresiasi kegiatan ini. Pasalnya, selain meningkatkan mutu dan kualitas siswa, yang nantinya  akan menjadi pengalaman belajar Learning experience.

“Lomba ini tak hanya sebagai ajang kompetisi unjuk kemampuan, melainkan juga sebagai ajang pembelajaran dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa serta perkembangan sikap dan kepribadian siswa seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi yang dipupuk sejak usia dini,” ucap Renti. Dirinya juga menagatakan jika kegitan ini merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak siswa agar dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi, dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui keemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan.

“Saya imbau kepada segenap panitia wasit dan juri termasuk kontingen untuk menjaga dan memelihara situasi kemanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini,” harapnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Passi Timur, Sangadi Insil, Insil Baru, Koordinator Wilayah, pendamping dari masing-masing sekolah dan orang tua siswa.

Reproter: Matt Nasaru

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini