Beranda Sumut Kab. Asahan Hadiri Peresmian Sanggar Karawitan DPD Pujakesuma, Kapolres : Mari Kita Jaga Kerukunan...

Hadiri Peresmian Sanggar Karawitan DPD Pujakesuma, Kapolres : Mari Kita Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Asahan

84
0

IKnews, ASAHAN – Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj menghadiri peresmian dan penandatanganan prasasti sanggar Karawitan DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan dilaksanakan di Joglo Kantor DPD PKB Pujakesuma tepatnya Jalan Taufan Gama Simatupang Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan.

Selaku Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan, Rianto mengatakan, berkat kerja keras warga Pujakesuma serta dukungan dari Bupati yang sangat luar biasa, sehingga Sanggar Karawitan DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan ini dapat berdiri.

“Mudah – mudahan, kami suku etnis Jawa di Kabupaten Asahan dapat tetap memelihara dan mengembangkan seni budaya serta seni lainnya,” kata Rianto.

Ini merupakan penampilan skala kecil dalam penyambutan PSBD, semoga kegiatan yang akan datang bisa kita laksanakan lebih meriah,” pungkasnya.

Sementara, Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradaha Elhaj mengucapkan selamat atas berdirinya gedung sanggar karawitan yang memang merupakan ciri khas daripada adat Jawa.

“Alhamdulillah, ini juga atas kepedulian dari Bupati terhadap pengembangan kesenian adat Jawa dan kepedulian masyarkat Pujakesuma,” ujarnya.

Lanjut Roman, hal ini dapat menjadi keragaman bagi kita untuk dapat menciptakan seni – seni budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Asahan.

“Kita mengetahui ada 14 etnis di Kabupaten Asahan yang merupakan miniatur dari pada Indonesia. Dimana ada Bhinneka Tunggal Ika, hidup kerukunan antar etnis dan hidup juga Pancasila,” terangnya.

Saya sebagai Kapolres Asahan sangat mendukung kegiatan dari etnis – etnis yang ada di Asahan dalam membangun Kabupaten lebih baik, lebih maju dan lebih modern.

“Namun tidak meninggalkan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia ataupun Kabupaten Asahan itu sendiri,” tuturnya.

Masih Roman, mari kita jaga kerukunan antar etnis dan kerukunan umat beragama di Kabupaten Asahan. Karena sebentar lagi juga kita akan masuk dalam tahapan – tahapan Pemilu.

Perbedaan kita adalah menjadi pemersatu dan penguat bagi kita hidup bernegara dan berbangsa.

“Terima kasih kepada seluruh pengurus Pujakesuma serta seluruh hadirin maupun elemen masyarakat yang sudah mendukung pembangunan sanggar Karawitan ini,” tegas Orang Nomor Satu di Jajaran Polres Asahan.

Ditempat yang sama, Bupati Asahan, H. Surya menyebutkan, dengan adanya sanggar karawitan ini, kiranya dapat melahirkan dan menghadirkan masyarakat Asahan yang memiliki talenta seni dan budaya.

Siap dan selalu tampil mengharumkan Kabupaten Asahan dalam berbagai event,baik di tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional.

“Saya berharap bukan hanya etnis Jawa, tetapi kepada 14 etnis yang ada di Kabupaten Asahan, juga bisa berperan untuk mengangkat harkat martabat dan marwah Pemerintah melalui seni dan budaya,” ungkap Surya.

Reporter : Doni Damara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini