Diskominfo Bolsel dan Minut Studi Tiru di Kominfo Bolmong
Tim Kominfo Bolsel diapit oleh Kadis Kominfo Bolmong Ma'riaf Mokodompit dan Kabid Hary Moka.

IKNews, BOLMONG — Menyusul diraihnya predikat terbaik di kawasan timur Indonesia, soal Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) oleh KemenPan-RB, pada bulan Februari 2023 baru-baru ini, menjadikan beberapa daerah di Sulawesi Utara, sebagai dasar untuk melakukan studi komparasi.

Seperti dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Bolsel dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), pada Kamis (02/03/2023).

Dikatakan Lusiana Lomban, tujuan kunjungan kerja Diskominfo dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), untuk melakukan studi tiru tata laksana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Menurutnya, Diskominfo Bolmong dipilih sebagai lokus karena nilai indeks SPBE nya baik 2.7 tertinggi tahun 2022 di Sulawesi utara, dimana kedatangan kali ini sebagai proses evaluasi bagi penyelenggaraan SPBE di daerah.

Sementara itu Nur’aidin Feriyanto Usman SE Analis SDM Aparatur Ahli pratama mengatakan hasil studi ini akan jadi rujukan, Diskominfo Pemkab Bolmong, memiliki master plane E- Goverment, yang dituangkan dalam Rencana Induk (Renduk SPBE) serta arsitektur SPBE sampai proses bisnis.

“Ini akan menjadi acuan tim SPBE Pemkab Bolsel, dalam meningkatkan indeks kedepannya,” ucap Lomban, turut diaminkan Liningsi Mokoagow SPd.

Dihari yang sama Diskominfo Bolmong, juga menerima tim Diskominfo  Pemkab Minahasa Utara (Minut), dipimpin langsung Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian, Dra Mieke J Tumbol MPd, dan Kepala Seksi Penyusunan Strategi dan pengawasan komunikasi publik, Diskominfo Minut.

Menurut Meike Tumbol, kedatangan tim Diskominfo Minut dalam rangka Studi komparasi pengelolaan media komunikasi publik pada pemerintah Kabupaten Bolmong.

“Kami melakukan studi tiru atau komparasi pada Diskominfo Bolmong, soal pengelolaan media serta tata kelola SPBE nya,” aku Tumbol.

Sementara itu, Kadis Kominfo Bolmong, Ma’rief Mokodompit SKom, menyampaikan terima kasih telah memilih pemkab Bolmong untuk dijadikan lokus studi. Kehadiran kedua pemerintah daerah akan dijadikan sharing untuk bahan evaluasi bersama dalam tata kelola SPBE yang lebih baik kedepannya.

“Ini menjadi suatu referensi bagi Kominfo Bolmong, untuk lebih meningkatkan pola kerja, sehingga sasaran dan tujuannya tercapai,” kata Ma’rief.

Reporter: Matt Nasaru

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here