Beranda Daerah Bolmong Bupati Bolmong Warning ASN Terlibat Politik Praktis

Bupati Bolmong Warning ASN Terlibat Politik Praktis

76
0
Bupati Bolmong Warning ASN Terlibat Politik Praktis
Bupati Bolmong Limi Mokodompit, saat sambutan pada pelaksanaan HPSN tahun 2023, di Desa Bintau.

IKNews, BOLMONG — Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir Limi Mokodompit MM, me-warning, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk tidak terlibat langsung dalam politik praktis.

Hal itu ditegaskan Bupati Limi Mokodompit, pada sambutannya saat menghadiri kegiatan penanaman pohon dan penyerahan sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat pratama Tahun 2022, yang dirangkaikan dengan pelaksanaan HPSN Tahun 2023, bertempat di lapangan olahraga Desa Bintau, Kecamatan Passi Barat, Selasa (14/03/2023).

Mereka (ASN, Red), harus menjaga netralitasnya sebagai pegawai negeri sipil dan tidak boleh berbaur politik karena ada sanksi hukumnya.

“Larangan ASN terlibat dalam politik praktis itu tertuang dalam surat keputusan bersama lima Kementerian/ lembaga yang berhubungan dengan Pemilu serentak 2024,” tegas Limi.

Dikatakan Limi, sebagaimana Surat Keputusan Bersama Menpan RB nomor: 2 tahun 2022, Mendagri nomor: 800-5474 tahun 2022, Kepala BKN nomor: 246 tahun 2022, Ketua KASN nomor: 30 tahun 2022 dan Ketua Bawaslu RI nomor: 1447.1/PM.01/K.1/09/2022 adalah tentang pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam penyelenggaraan pemilihan umum pemilihan.

“Ada bentuk-bentuk pelanggaran, misalnya pelanggaran kode etik seperti memasang spanduk, baliho serta alat peraga lainnya terkait bakal calon pemilu dan pemilihan itu ada di pasal 11 huruf c,” jelasnya.

Bupati juga menegaskan bahwa pihaknya sudah mendapat oiinformasi dimana ada oknum ASN Bolmong dengan sengaja melakukan pelanggaran kode etik.

“Alangkah baiknya jika ingin terjun di dunia politik apapalgi tahun 2023 ini sebagai tahun politik, sebaiknya mundur saja dari ASN dan mengikut sertakan dirinya sebagai bakal calon legeslativ,” sindirinya.

pada kesempatan tersebut Bupati juga mengajak kepada seluruh warga Bolmong untuk menciptakan rasa aman dan damai, sehingga program pemerintah dibidang pembangunan akan berjalan sebagaimana perencanaannya.

“Jika daerah kita aman dan damai sudah tentu apa yang telah menjadi program pemerintah Bolmong di tahun 2023 ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Reporter: Matt Nasaru

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini