Beranda Daerah Bolmong Bupati Bolmong dan Ketua Deprov Sulut Tinjau Kebun Kakao di Desa Bakan

Bupati Bolmong dan Ketua Deprov Sulut Tinjau Kebun Kakao di Desa Bakan

68
0
Bupati Bolmong dan Ketua Deprov Sulut Tinjau Kebun Kakao di Desa Bakan
Nampak Bupati Limi Mokodompit dan Ketua Deprov Sulut Andi Silangen, saat tinjau kebun Kakao milik Petani Roni Kobandaha, di Desa Bakan, Sabtu 18 Maret 2023. (Photo Dede)

IKNews, BOLMONG — Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), bersama Ketua DPRD Sulawesi Utara (Sulut), dr Fransiskus Andi Silangen, melakukan peninjauan, kebun kakao di Desa Bakan, Lolayan, Sabtu (18/03/2023).

Kunjungan terkait temu tani “Mari Jo Bakobong” di desa lingkar tambang PT. J Resources Bolaang Mongondow (JBRM).

Bupati Bolmong Limi Mokodompit, menyampaikan apresiasinya kepada PT JRBM yang telah berkomitmen melakukan pemberdayaan petani kakao di desa lingkar tambang termasuk di Desa Bakan.

Menurutnya, program kakao singron, merupakan satu diantara program pemerintah yang terus mendorong dan mendukung sarana serta prasarana kakao.

“Terima kasih kepada JRBM atas pemberdayaan petani kakao dan apresiasi kepada Pak Roni Kobandaha yang telah memberi pengawalan,” ucap Bupati Limi Mokodompit.

Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andi Silangen, takjub atas program pemberdayaan petani kakao yang diintegarisikan dengan pemanfaatan pupuk organik.

Politisi PDIP ini mengapresiasi PT JRBM yang telah menunjukan komitmennya memberdayakan petani kakao di desa lingkar tambang. Ia berharap JRBM juga mendorong pengembangan budidaya kakao ke desa lainnya.

“Saya salut dan bangga akan kehadiran JRBM diproses pemberdayaan petani kakao dengan bisa ke komoditas lainnya dan juga bisa di desa-desa lingkar tambang lainnya,” harap Silangen.

Selain rombongan melihat langsung perkebunan kakao dan melakukan panen langsung kakao, juga rombongan dibuat salut atas program penggunaan pupuk organik.

Julius Jems Tuuk yang juga anggota Komisi III DPRD Sulut dikenal sebagia petani tersebut mendorong Dinas Perkebunan Provinsi Sulut menangkap peluang perkebunan kakao di Bolmong dan alternatif teknologi pemupukan ke pupuk organik.

“Kami mengajak Dinas Perkebunan untuk melegalkan kebun entris (kakao) dan sertifikasi kelompok penangkaran dan alternatif pupuk organik sebagai solusi petani modern,” katanya seraya mengajak semua pihak agar melihat potensi besar perkebunan kakao terbesar ada di Bolmong.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Topan Angker SSos, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut dan dari pihak manajemen PT JRBM.

Reporter: Matt Nasaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini