Direktur RSUD Kotamobagu dr. Wahdania L.Mantang.M.Kes, bersama ketua Tim Surveyor dr. Vally Christly Helywati Ratulangi,M.Kes didampingi oleh Ns. Lussy Sidonya Kambey, Jumat (10/02/2023).

IKNews, KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu terima kunjungan dari tim Survei dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Adapun Survei  ini dipimpin langsung oleh dr. Vally Christly Helywati Ratulangi,M.Kes bersama Ns. Lussy Sidonya Kambey, S.Kep, M.Kes, ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 8 Februari- 10 Februari 2023.

Menurut Ketua Tim Survei Vally Christly Helywati Ratulangi saat di wawancarai mengatakan bahwa pihaknya dari Kars melakukan survei akreditas di RSUD Kotamobagu.

“Survei akreditasi ini tujuannya untuk melihat kepatuhan ketaatan rumah sakit terhadap standar akreditasi, kepatuhan regulasi yang ditetapkan serta melihat dari dokumennya, bukti pelaksanaan dan bukti implementasinya, di rumah sakit ini kami datang melihat, kami potret, kami dengar dan kami nilai,”jelasnya, Jumat (10/02/2023)

Vally mengatakan bawah survei ini dilaksanakan selama 3 hari baik secara daring maupun luring.

“Surveinya tu 3 hari, hari pertama survei daring, kami melihat regulasinya dan dokumennya, serta di hari kedua dan ketiga itu luring kami turun langsung kelapangan, kami melihat secara langsung ke semua area pelayanan rumah sakit ini, kami telusuri ke unit-unit melihat implementasi regulasi di lapangan,”jelanya

Vally mengungkapkan  dari hasil penilain ini, pihaknya melihat bahwa RSUD Kotamobagu ini sangat luar biasa.

“Ketika kami melakukan penilain secara langsung kami menemukan bahwa  RSUD Kotamobagu luar biasa,  karena fakta yang kami temukan bahwa kepatuhan terhadap undang-undang  kepatuhan regulasi yang sudah ditetapkan, khususnya kepatuhan terhadap standar akreditasi itu, meskipun belum sempurna, akan tetapi itu, sebagian besar hampir semua itu sudah memenuhi standar,”ungkapannya

Lanjutnya, Untuk hasil penilaian  skornya pihaknya akan mengumpulkan skor terlebih dahulu karena ada begitu banyak elemen yang akan kami nilai.

“Untuk nilainya itu, nanti setelah kami mengumpulkan skor karena penilaian elemennya kan ada sekian banyak hampir 1000, jadi mulai besok kami akan melakukan penilaian,Ini masih tahap penilaian, tidak lulus, lulus madya, lulus utama atau paripurna itu hasil belum kita ketahui,” Kata Vally

Vally menjelaskan ada proses penilaian yang harus dilalui. “Kami kumpul penilaiannya, hasil penilaian itu kami kirimkan ke pusat  Kars, kemudian hasil penilaiannya akan diproses oleh Dewan penilai Kars, dan Dewan penilai akan sampaikan ke ketua eksekutif Kars dari situlah ketua Eksekutif Kars yang mengesahkan nilainya, setelah itu hasilnya dikirimkan ke kementerian kesehatan, nanti kementrian kesehatan yang akan memutuskan,”terangnya

“Intinya adalah Akreditasi ini tujuannya sebagai tools untuk meningkatkan pelayanan, jadi diharapkan pelayanan rumah sakit itu ada peningkatan mutu yang mengutamakan keselamatan pasien dan berbasis manajemen resiko itu,” pungkasnya

Sementara itu Direktur RSUD Kotamobagu dr. Wahdania L.Mantang.M.Kes mengatakan bahwa akreditasi merupakan kepatuhan terhadap regulasi dan standar dari akreditasi.

“Harapannya kedepan lebih baik lagi, setelah peng akreditasi ini insya allah sesuai ekspektasi kami, setelah keluar nilai, insya allah kita akan paripurna kita akan naik tingkat ke tipe B karena kita merupakan rumah sakit rujukan regional,” harapnya.

Reporter : Irsat Ganggai

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here