Bupati Buol saat menghadiri pelantikan Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Buol Periode 2022-2027, Senin 6 Februari 2023.

IKNews, BUOL – Senin, 06/2/2023 Pengurus dan Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buol Periode 2022-2027 resmi dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui ketua Bidang Organisasi, Drs H. Amirudin Syam Sahib,M.Si.

Pengurus PMI Buol yang telah terpilih beberap Bulan lalu, dan di nahkodai oleh Muhammad Adsan, yang mempunyai tekat dan semangat jiwa mudah. Tetap terbuka untuk melayani masyarakat.

Khususnya dalam meningkatkan rasa empati serta kesadaran masyarakat dalam menyumbangkan setetes darah bagi yang membutuhkan, sehinga tetap terjaga stok darah sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang seketika membutuhkan pertolongaan.

Pelantikan yang digelar di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Buol, disaksikan langsung oleh Pj Bupati Buol Drs. M Muchlis, M.Si dan Sekda, Drs. Moh Suprizal Jusuf,MM. Asisten 2 Drs Arianto Rioeh, M.Si, Asisten 3, Ketua DPRD Buol Srikandi Batalipu, S.Sos, M. AP, mewakili Kapolres Buol, mewakili Dandim sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Buol.

Pengurus PMI Buol periode 2022-2027 yang dilantik, antara lain ketua dan anggota Dewan Kehormatan yaitu Drs. Moh Suprizal Jusuf,MM. Srikandi Batalipu, S.Sos, M.AP,. Suondo Sanua,S.Sos, Drs Masrul Day Hasyim, dr H Syafrudin Puili.

Sementara untuk pengurus PMI Buol yang turut dilantik, berdasarkan surat keputusan Pengurus Provinsi Palang Merah Indonesia Sulawesi Tengah Nomor : 233/KEP/PP-PMI/X/2022, tentang susunan pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Buol masa bakti 2022-2027, diantaranya pelindung Bupati Buol, Ketua Muhammad Adsan, SSTP, (Kepala Dukcapil Kab Buol) sebagai Ketua PMI Kabupaten Buol, Hamzah, S.Pd, dr. H. Arianto S. Penambang, M.AP, Hamka A. Basir,S.Pd, Moh Topan, SSTP, Sahroni S. Langenre, S.Farm, Mm sebagai Sekertaris PMI, Irma Elam S. Kep., M.Kes. anggota Andre Alfathan, ST, Rosidah Marhum, S.Kem, dr. Fadli Fikri Fauzi, Ulfa Safitri, SKM, Kuswandi Laindjong, S.Pd.i dan Mustakim, SKM.

“PMI sebagai organisasi kemanusiaan akan terus melayani masyarakat semaksimal mungkin, khususnya untuk menjaga stok darah. Baru kemudian menjadi supporting pemerintah daerah seperti penanganan kebencanaan alam,” kata Muhammad Adsan, S.IP, yang juga Kadis Dukcapil Buol.

Untuk itu, dia menegaskan akan mengoptimalkan keberadaan relawan di setiap kecamatan di Buol dan pengaktifan kembali PMR di sekolah-sekolah.

Selain itu, Muhammad Adsan, menyatakan kesiapannya untuk mendukung pemerintah daerah. “Seperti harapan Pak Bupati selaku pelindung PMI, PMI akan aktif terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan OPD-OPD, minimal mengerahkan mobil unit UDD PMI,” ujarnya.

”Target kita Donor darah 1 bulan sekali, kami akan berkontribusi dan berkolaborasi dengan organisasi lainnya,” pungkas Muhammad Adsan saat diwawancarai usai kegiatan pelantikan itu.

Semetara itu PMI Provinsi Sulteng melalui ketua Bidang Organisasi, Drs H. Amirudin Syam Sahib, M,Si mengungkapkan kepercayaan kepada pengurus baru PMI Kabupaten Buol di bawah komando ketua dewan kehormatan saat ini menjabat Sekda Buol, Moh Suprizal Jusuf dan ketua DPRD Buol Srikandi Batalipu serta ketua PMI Muhammad Adsan yang dinilai sangat berpengalaman dan hebat dalam manajemen organisasi.

”Selamat kepada teman-teman pengurus yang baru dilantik, saya yakin dan percaya mereka orang-orang hebat, intinya jaga nama baik PMI dan jangan dibawah kerana politik, karena gerakan kita adalah kemanusiaan,” pungkas Amirudin.

Pj Bupati Drs M Muchlis, MM saat memberikan sambutan menjelaskan bahwa masalah kesiapsiagaan kebencana perlu menjadi tanggung jawab bersama, karena banyak organisasi kebencanaan hanya bergerak diawal saja, akan tetapi menurutnya PMI hadir di tengah-tengah masyarakat dan bersama pemerintah yang bergerak dan menuntaskan masalah dari awal sampai akhir.

Bupati Muchlis juga menambahkan PMI merupakan organisasi nasional baik dari pusat hingga daerah yang terorganisir sebagai wadah sosial dan kemanusiaan dan eksistensinya semakin diperkuat oleh UU Nomor 1 Tahun 2018, tentang kepalang merahan, ujarnya.

Dia mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran pengurus PMI Buol peridoe 2022-2027 yang telah menjalankan amah dengan baik. ”ucapnya.

Bupati Muchlis juga mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru. “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Insya Allah mendapatkan barokah,” tuturnya.

Selamat dan sukses, lanjutnya, tugas kemanusiaan telah menanti.

Senda, Drs Suprizal Jusuf, MM selaku ketua Dewan Kehormatan yang baru dilantik berjanji akan menjalankan amanah organisasi dan tentu kolaborasi antar pengurus, dewan kehormatan dan pemerintah daerah terus dilakukan, apalagi tidak lama lagi kita akan melaksanakan kegiatan JUMBARA pada bulan Juni mendatang dan unit transfusi darah yang perlu dipersiapkan serta di prioritaskan.

Tak hanya itu menurut panglima ASN Buol ini menambahkan, pengkaderan terhadap PMR disetiap sekolah dan relawan PMI di setiap kecamatan perlu dilakukan.

Reporter : Jamaludin

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here