Camat Kota Kisaran Timur A. Syaiful P. Pasaribu, S.AP.,M.M

IKNews, ASAHAN – Iring-iringan pawai Ta’aruf para kafilah mewarnai  Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang berasal dari 12 Kelurahan.

Selain itu, Gerakan Pramuka Kwartir Kecamatan Kota Kisaran Timur yang juga diiringi oleh Drumband Muhammadiyah, Drumband Yayasan Pendidikan Qur’an dan Tim Perkusi Ibu-ibu dari Kelurahan Kedai Ledang memeriahkan pembukaan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur. Kegiatan dilaksanakan di lapangan Sepak Bola Pondok Kucingan Kelurahan Lestari Kecamatan Kota Kisaran Timur, Sabtu (4/2/2023).

Kemeriahan pembukaan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023 ini, dihadiri oleh Camat Kota Kisaran Timur, Ketua FKUB Asahan, Mewakili Kapolsek Kota Kisaran, Mewakili Danramil 06/KS, Kepala KUA Kecamatan Kota Kisaran Timur, Ketua T.P PKK Kecamatan Kota Kisaran Timur, para Lurah Se – Kecamatan Kota Kisaran Timur beserta Ketua T.P PKK Kelurahan Se-Kecamatan Kota Kisaran Timur ditengah-tengah para kafilah.

Dalam pembukaan ini Kepala KUA Kecamatan Kota Kisaran Timur H. Dahmul Daulay, S.Ag sebagai Ketua Panitia melaporkan, dasar kegiatan ini adalah Surat Keputusan Camat Kota Kisaran Timur Nomor : 400/21/20/KESRA/I/2023, Tanggal 25 Januari 2023 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023.

Dahmul juga melaporkan pelaksanaan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 1-3 Februari 2023 yang diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 Kelurahan Se-Kecamatan Kota Kisaran Timur dengan berbagai cabang perlombaan yang diikuti.

Sementara Camat Kota Kisaran Timur A. Syaiful P. Pasaribu, S.AP.,M.M dalam sambutannya mengatakan, mari kita jadikan MTQN dan FSQ ini sebagai pondasi untuk menjadikan masyarakat terutama generasi muda senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus bangsa yang Qur’ani.

Mampu menyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan Al-Qur’an, perkembangan teknologi informasi yang sedemikian rupa telah menyebabkan perubahan perilaku dan membawa perubahan pada pola pikir dan tindak kita sebagai makhluk sosial.

Selain itu, tujuan pelaksanaan MTQN sejatinya adalah berlomba untuk menunjukan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-Qur’an namun kita juga harus berlomba untuk menjadi yang terbaik akhlak dan prilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum mengakhiri sambutannya Camat Kota Kisaran Timur mengucapkan terima kasih kepada para Lurah, seluruh panitia dan semua pihak terkait yang telah membantu persiapan kegiatan ini.

“Kepada seluruh hadirin yang sudah memeriahkan pembukaan kegiatan ini. Saya mengajak kepada kita semua untuk mendukung visi dan misi Bupati Asahan Bapak H. Surya, BSc dan Wakil Bupati Asahan Bapak Taufik Zainal Abidin, S.Sos.,M,Si yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” harap Camat Kota Kisaran Timur.

Sementara Bapak Bupati Asahan H.Surya, BSc pada pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Asahan Bapak Drs. Muksin, M.Pd mengatakan, tahun ini pelaksanaan MTQN akan menyelenggarakan seluruh cabang lomba yang ada pada permusyabaqohan.

Begitu juga dengan Festival Seni Qasidah akan menambah cabang penampilan pop religi dan bintang vokalis.

“Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Asahan yang secara berjenjang dilaksanakan dari Tingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten dan nantinya sampai tingkat  Provinsi dan Nasional.” ujarnya

Bupati juga mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan minat baca Al – Qur’an.

“Maka, semangat berkesenian dikalangan masyarakat itu penting, guna meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan pendalaman terhadap agama untuk dijadikan pegangan serta pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari sekaligus mempersiapkan generasi yang berkemampuan dalam menerapkan gerakan dakwah Islam,” sebutnya.

“Khusus kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah untuk tetap mendukung sepenuhnya pelaksanaan seluruh kegiatan berbasis keagamaan, jangan hanya sekedar serimonial sehingga hanya menghasilkan sedikit nilai atau bias sama sekali,” ucap Bupati Asahan.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan berpesan kepada seluruh kafilah dari Kelurahan Se-Kecamatan Kota Kisaran Timur yang mengikuti kegiatan ini, agar memaksimalkan kemampuan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

“Dikarenakan, nantinya diharapkan akan lahir duta-duta dari Kecamatan Kota Kisaran Timur untuk mengikuti MTQN dan FSQ ditingkat,” pungkasnya.

Reporter : Doni Damara

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here