Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE

IKNews, MANGGARAI BARAT – Manggarai Barat (Labuan Bajo), merupakan salah satu Kota Super Premium yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan berbagai macam tempat wisata yang membuat wisatawan Asing maupun Lokal sering  mengunjunginya.

Seperti Gua Batu Cermin, Biawak Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Pink Beats dan masih ada banyak lagi yang ada di Kab. Manggarai Barat, sebagai Kota Super Premium. Juga beragam Suku dan Budaya yang ada di Manggarai Barat saat ini.

Pada Puncak Peringatan HUT Kabupaten Manggarai Barat Ke-20 yang dimulai pada pukul 07:30 pagi. Diawali dengan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih yang dipimpin lansung oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Dr. Yulianus Weng, M. Kes beserta jajaran pmerintah Kab Manggarai Barat, yang dilaksanakan di depan halaman GUA BATU CERMIN, Labuan Bajo Sabtu, 25 Februari 2023.

Dalam sambutan Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE, menyampaikan terima kasih kepada Para Pejuang Pembentukan Kabupaten Manggarai Barat dan Para Bupati Manggarai Barat sebelumnya.

Dalam moment HUT Mabar ini, Bupati mengingatkan kepada seluruh Masyarakat Manggarai Barat, bahwa semua yang bisa dinikmati di Kabupaten Manggarai Barat yang Super  Premium ini.

“Baik infrastruktur, berbagai macam fasilitas, kemajuan di bidang pariwisata, dan kemajuan di bidang lainya, sesungguhnya bukan karena Bupati dan wakil Bupati Manggarai Barat periode yang sekarang ini, tapi jasa dari para pejuang pemekaran pemimpin yang terdahulu,” ungkap Bupati.

Lanjut Bupati, Hari ini, kita dapat berdiri tegak di sini dan menikmati lancarnya arus transportasi antar daerah, menikmati indahnya penataan kota yang sangat megah.

“Menikmati indahnya berbagai hotel berskala internasional, menikmati meriahnya kunjungan wisatawan baik lewat udara, darat, maupun laut. Serta menikmati berbagai fasilitas mewah dan indah yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Dan tidak lupa pula para pejuang pemekaran, karena berkat dukungan kita semua,” ungkap Bupati.

Oleh karena itu, Bupati menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada para Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, yang turut membentuk dan mendandani wajah Manggarai Barat hingga saat ini. Apresiasi dan rasa hormat kepada Alm. Bapak Fidelis Pranda, Bapak Agustinus Ch. Dula dan Bapak Maksimus Gasa, Bapak Agustinus Ch. Dula dan Ibu Maria Geong.

“Alamarhum Bapak Fidelis Pranda dengan penekanan pada pembangunan berkelanjutan yang terpadu berlandaskan keseimbangan kehidupan jasmani dan rohani, serta dengan penekanan pada birokrasi yang professional, responsive, dan aspiratif untuk kesejehteraan rakyat. Tidak lupa pula bagi Bapak Jidon de Haan, Bapak Tadeus Tini, dan Bapak Ismail Surdi, dalam kapasitasnya sebagai penjabat Bupati telah pula mengukir sejarah bagi terciptanya kebanggaan masyarakat Manggarai Barat. Karena merekalah, Manggarai Barat perlahan menyambut gerbang peradaban baru. Para pemimpin terdahulu telah mengajarkan tentang cara berkomunikasi, cara membangun, cara berdemokrasi, dan juga cara membina kerukunan antara masyarakat,” ungkap Bupati lagi.

Kata Bupati, setiap pemimpin telah meletakkan legasinya, membuat kebaikan dan perubahan demi daerah dan warganya atau demi “Natas bate labar agu beo bate lejong” Merekalah pelukis masa depan Manggarai Barat dari berbagai kanvas dengan berbagai keindahannya.

“Karena itu, sekali lagi patutlah kita memberi apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Sebab Manggarai Barat adalah saya, Manggarai Barat adalah kita semua, dan Manggarai Barat harus Bangkit Menuju Manggarai Barat yang sejahtera. Selamat Ulang Tahun ke-20 Kabupaten Manggarai Barat,” tutup Bupati Edistasius Endi

Dari hasil pantauan media ini, turut memeriahkan dihari Dirgahayu Kab. Manggarai Barat yang ke 20, ada berbagai macam pentas seni Budaya, seperti Tarian Caci yang merupakan tarian Budaya Manggarai, tarian Bali, Lamaholot, KKSS, (Kerukunan keluarga Sulawesi Selatan) dan Nagekeo. yang berada dikota Labuan Bajo.

Reporter : Sans Petra

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here