Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat melakukan pendataan pemilu terhadap Bupati Asahan, H. Surya BSc di Rumah Dinasnya, Rabu (15/2/2023).. FOTO : DONI

IKNews, ASAHAN – Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat melakukan pendataan pemilu terhadap Bupati Asahan, H. Surya BSc di Rumah Dinasnya, Rabu (15/2/2023).

Pendataan ini merupakan gerakan nasional untuk mendata pemili pada pemilu serentak Tahun 2024.

Ketua PPS Kelurahan Mekar Baru Dadi Supriyadi mengatakan, pendataan ini dilakukan untuk memastikan masyarakat di Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat terdata sebagai pemili pada pemilu serentak Tahun 2024.

“Pendataan ini diawali dengan mendata Bupati Asahan beserta keluarga yang merupakan warga Kelurahan Mekar Baru. Ini disebabkan karena keberadaan Rumah Dinas Bupati berada di wilayah Kelurahan tersebut,” katanya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Asahan Hidayat, S.P yang pada saat itu ikut mendampangi PPS Kelurahan Mekar Baru melakukan pendataan, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mendukung proses Pencocokan dan Penelitan (Coklit) data dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Karena kegaitan Coklit ini, dilaksanakan oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) dengan mendatangi pemilih secara langsung dengan mencocokkan dan meneliti data pemilih dengan KTP-el atau Kartu Keluarga pemilih/ masyarakat.

“Selain itu, pelaksanaan Pemuktahiran data pemilih ini atau yang lebih dikenal dengan istilah Coklit, diatur pada PKPU nomor 7 tahun 2022 tentang Pemuktahiran Data Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih,” jelas Dayat singkat.

Menanggapi hal tersebut Bupati Asahan H. Surya BSc yang didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada PPS Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat yang telah mendata saya dan keluarga sebagai pemilih pada pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang.

Dirinya berharap, kepada seluruh PPS se-Kabupaten Asahan, terus melakukan coklit untuk pemuktahiran data pemilih, agar tidak terjadi kesalahan pada pemilu nantinya.

Lebih lanjut Surya menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung sepenuhnya proses pelaksanaan pemilu serentak 2024. “Pemerintah siap bersinergi guna memperlancar jalannya pemilu serentak tahun 2024”, ujarnya.

Surya mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk ikut membantu PPS dalam melakukan pendataan, agar seluruh masyarakat Kabupaten Asahan tercatat sebagai pemilih pada pemilu serentak 2024.

“Jangan sia-siakan satu suara, karena satu suara yang dimiliki dapat menentukan arah pembangunan kedepannya”, harapnya.

Reporter : Doni Damara

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here