Kepala BP2MI Sulut Beri Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Manado
Kepala BP2MI Sulut Hendra T Makalalag SE, saat beri Kuliah Umum di hadapam Mahasiswa Fakultas Kesehatan Univer Sitas Muhammadiyah Manado

IKNews, MANADO — Kepala Balai BP2MI Sulawesi Utara (Sulut), Hendra T Makalalag SE, melakukan kuliah umum sekaligus sosialisasi dihadapan 300 mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Manado, tentang peluang kerja di luar negeri, Kamis (02/02/2023) sore tadi.

Dalam Kuliah Umum tersebut, Kepala Balai BP2MI Sulawesi Utara, Hendra Makalalag, menyambut baik hal tersebut, dimana pemerintah harus hadiri disini untuk menyampaikan atau memberikan informasi tentang peluang kerja di luar negeri

“Kesempatan kuliah umum ini merupakan momentum yang sangat baik bagi kami selaku pemerintah untuk menginformasikan secara jelas mengenai peluang kerja ke luar negeri, untuk dapat dijadikan pilihan dalam berkarir dan terlebih merubah pola pikir mahasiswa maupun orang tua agar dapat memanfaatkan peluang kerja yang tersedia sebagai salah satu langkah meningkatkan perekonomian bahkan sarana transformasi ilmu pengetahuan serta teknologi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, peluang kerja ke luar negeri adalah salah satu cara efektif untuk membantu pemerintah daerah dalam mengurangi pengangguran.

“Saat ini angka pengangguran Sulawesi Utara sangat tinggi. tak kurang dari 70 ribuan jiwa, kini tidak memiliki pekerjaan yang tetap. Untuk itu peluang kerja ke luar negeri ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk dimanfaatkan,” kata Hendra.

Hendra juga menambahkan bahwa penghasilan yang akan didapat sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI), juga sangat menjanjikan, contohnya penghasilan sebagai Careworker di Jepang mulai dari Rp20 jutaan per bulan atau sebagai Perawat di Jerman yang angkanya bisa mancapai Rp30 jutaan per bulan.

“Dengan penghasilan sebesar itu, kami harapkan para Pekerja Migran Indonesia asal Sulawesi Utara dapat mengangkat derajat ekonomi keluarga, dan di satu sisi dapat membantu pemerintah daerah dalam pengentasan pengangguran, serta dapat berkontribusi dalam pembangunan daerahnya masing-masing, lewat remitansi yang dikirimkan setiap bulannya,” tutur Hendra.

Sekedar diketahui kuliah umum ini digelar di Hotel Grand Kawanua Manado, Rektor Universitas Muhammadiyah Manado, Agust A Laya SKM MKes, menyampaikan apresiasi kepada pihak Balai BP2MI Sulawesi Utara atas kepedulian dan kerjasama dalam menyediakan peluang kerja ke luar negeri yang diharapkan mampu meningkatkan serapan mahasiswa lulusan Universitas Muhammadiyah Manado sekarang dan di masa depan.

 

Reporter: Matt Nasaru

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here