Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis, secara simbolis membuka kegiatan Kriya Fest 2023 di Tiara Covention Centre, Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (21/2). FOTO : Fahmi Aulia

IKNews, MEDAN – Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) berhasil menopang perekonomian Indonesia saat pandemi menghantam. Agar UMKM terus bertahan di setiap masa, diperlukan dukungan setiap pihak termasuk masyarakat.

Untuk itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) mengajak semua pihak untuk terus mendukung UMKM, khususnya yang bergerak di bidang kriya maupun wastra. Dengan cara membeli produk lokal Sumut.

“Saya harap kita terus mendukung program  pemerintah yaitu bangga buatan Indonesia, bangga buatan Sumut,” kata Nawal saat pembukaan Kriya Fest 2023 di Tiara Covention Centre, Medan, Selasa (21/2).

Sumut memiliki produk yang tidak kalah dengan provinsi lain, bahkan kualitasnya tidak kalah saing dengan produk internasional. “Belum lagi keragaman budaya yang dimiliki Sumut, tentunya keragaman tersebut menambah potensi daya saing produk kriya Sumut,” kata Nawal.

Kriya Fest 2023 mengangkat tema ‘Cipta Kriya, Data Kriya dan Gaya Kriya’. Tema tersebut menggambarkan pembinaan Dekranasda pada pengrajin mulai dari hulu sampai hilir,  dalam menciptakan produk kriya berbasis budaya Sumut. “Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, produk kriya Sumut dapat dipromosikan dengan masif,” kata Nawal.

Kriya Fest merupakan bentuk dukungan Dekranasda Sumut  dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam upaya pemulihan ekonomi Sumut. Sehingga diharapkan ekonomi Sumut dapat bangkit kembali setelah dihantam pandemi Covid-19. “Kini saatnya kita pulih kembali,” kata Nawal.

Pada kesempatan tersebut, Nawal juga menandatangani MoU antara Dekrasda Sumut dengan GO-JEK mengenai pemberdayaan dan promosi UMKM melalui aplikasi GO-JEK. Nawal mengharapkan dengan kerja sama tersebut, pemasaran produk UMKM semakin berkembang dan meningkat.

Usai membuka kegiatan, Nawal juga mengunjungi stan-stan peserta pameran. Selanjutnya Nawal juga menyaksikan pagelaran busana kain asli Sumut.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral Mulyadi Simatupang mengatakan Kriya Fest merupakan ajang promosi UMKM Kriya Sumut pada masyarakat. Diharapkan masyarakat Sumut makin mengenal produk Kriya Sumut.

Kegiatan Kriya Fest digelar selama 3 hari dimulai dari 21 – 23 Februari 2023. Kriya Fest diisi dengan berbagai kegiatan yang menarik mulai dari pameran, coaching clinic, talkshow, lomba fotografi, pagelaran busana, pagelaran seni dan lainnya.

Reporter : Deddy Bangun

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here