Beranda Manado BP2MI Sulut Bahas Tolok Ukur Kinerja dan Resolusi Tahun 2023

BP2MI Sulut Bahas Tolok Ukur Kinerja dan Resolusi Tahun 2023

160
0
BP2MI Sulut Bahas Tolok Ukur Kinerja dan Resolusi Tahun 2023
Hendra T Makalalag SIP Kabalai BP2MI Sulut.

IKNews, MANADO — Balai Badan Perlindungan dan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sulawesi Utara (Sulut), membahas soal tolok ukur dalam pencapaian atau target kinerja sebagai resolusi di tahun 2023.

Hal itu terungkap saat konfrensi pers yang dilaksanakan di Aula Kantor Balai BP2MI Sulut, yang dipimpin langsung Kepala Balai (Kabalai) BP2MI Sulut, Hendra T Makalalag SIP, Kamis (09/02/2023) siang tadi.

“Balai BP2MI Sulut, yang meliputi wilayah Provinsi Sulut, Gorontalo, Maluku dan Provinsi Maluku Utara, telah melakukan pencapaian luar biasa pada tahun 2022, dimana angka penempatan mencapai 641 orang dengan rincian 588 asal Sulawesi Utara, 24 Orang asal Gorontalo, 18 Orang asal Maluku dan 11 Orang asal Maluku Utara,” beber Hendra.

Perlu diketahui kata Hendra, angka tersebut jauh melampaui target yang diberikan pada tahun 2022, yakni, 50 orang, sehingga sekalipun tahun ini target jauh lebih tinggi dari sebelumnya yaitu 500 orang, pihaknya merasa optimis dan sanggup untuk memenuhinya.

Lebih lanjut Hendra menyebutkan “Resolusi 2023” ini merupakan salah satu bentuk transparansi dan pertanggungjawaban kepada masyarakat atas kepercayaan yang sudah diberikan dalam melaksanakan pelindungan kepada CPMI, PMI maupun keluarganya, serta sebagai tolok ukur kinerja di akhir tahun nanti.

Inilah Resolusi Balai BP2MI Sulut Tahun 2023:

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PENEMPATAN

* Fasilitasi Penempatan SSW Jepang Program Pelatihan Pemda.

* Verifikasi Dokumen CPMI G to G.

* Fasilitasi pembukaan tes skill SSW Jepang.

* Peningkatan jumlah penempatan PMI asal Sulut.

PENINGKATAN PELINDUNGAN DAN PEMBERDAYAAN

* Pencegahan Penempatan illegal PMI asal Sulut.

* Peyebarluasan informasi melalui media-media sosialisasi.

* Pelatihan Pemberdayaan.

* Fasilitasi Pendampingan dan Penanganan PMI Bermasalah, Sakit dan Jenazah PMI;

*Memaksimalkan Fungsi Help Desk dan Lounge PMI di Bandara Internasional Samratulangi Manado.

Olehnya, Kabalai BP2MI Sulut juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh media atas kerjasama yang sudah terjalin baik dalam rangka membumikan program dan kegiatan BP2MI di wilayah kerja Balai BP2MI Sulawesi Utara.

“Saat ini BP2MI sudah begitu dikenal di masyarakat tidak lepas dari peran seluruh media sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai kesuksesan yang dicapai oleh BP2MI, tidak lepas dari upaya kerja keras para pegawai di lingkungan Balai BP2MI Sulut juga merupakan support dari media,” aku Hendra.

Hendra juga menambahkan bahwa peran media kedepannya masih sangat dibutuhkan sebagai salah satu daya dorong dalam pelaksanaan tugas-tugas BP2MI.

“Dengan bantuan pemberitaan dari media, kami harapkan Pelindungan terhadap CPMI, PMI dan Keluarganya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 akan semakin optimal,” harapnya.

Reporter: Matt Nasaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini