IKNews, KABUPATEN  BUOL –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buol melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kabupaten Buol resmi membuka pelaksanaan tahapan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, pada Kamis 26 Januari 2023.

Berdasarkan hasil pemetaan TPS yang dilakukan rekan2 PPK dan PPS sekabupaten Buol jumlah TPS untuk kabupaten Buol adalah 458 TPS kata Ibu Saida, S. Sos selaku komisioner KPU yang membidangi Devisi Perencanaan dan Informasi, lanjut ibu Idah berdasarkan hasil pemetaan diatas maka sejumlah itu pula pantarli yang akan direkrut oleh KPU Kabupaten Buol, adapun tugas pokok Pantarlih merupakan badan ad hoc yang bertugas membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyelenggarakan Pemilu. Dalam pelaksanaannya, Pantarlih bertugas untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu 2024.

Pantarlih akan dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Nantinya, tiap TPS akan memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU kabupaten dan kota.

Adapun Pantarlih dapat berasal dari perangkat kelurahan/desa, rukun warga, rukun tetangga, dan/atau warga masyarakat desa setempat dengan seleksi yang dilakukan secara terbuka dan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, serta kemandirian calon petugas.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022 telah mengatur sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon peserta yaitu

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia paling rendah 17 tahun
  3. Berdomisili dalam wilayah kerja
  4. Mampu secara jasmani dan rohani
  5. Berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat
  6. Tidak menjadi anggota partai politik atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat lima tahun.

Adapaun Alur pendaftaran Pantarli

  1. Pengumuman pendaftaran Pantarlih 26-28 Januari 2023
  2. Penerimaan pendaftaran calon Pantarlih 26-31 Januari 2023
  3. Penelitian administrasi calon Pantarlih 27 Januari-2 Februari 2023
  4. Pengumuman hasil seleksi calon Pantarlih 3-5 Februari 2023
  5. Penetapan nama hasil seleksi 5 Februari 2023
  6. Pelantikan Pantarlih Pemilu 2024: 6 Februari 2023.

Reporter : Jamaludin

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here