IKnews-SULUT- Rabu tanggal 24 hingga 25 Januari 2023 BP2MI Sulawesi Utara melaksanakan verifikasi berkas program G to G Korea di kantornya di Jalan Babe Palar Nomor 96 Manado. Kegiatan verifikasi ini merupakan kelanjutan dari program G to G Korea yang dibuka mulai tanggal 12 – 16 Desember 2022 yang lalu.

Ditemui di sela pelaksanaan kegiatan, Hendra Makalalag selaku kepala BP2MI Sulut menyebutkan bahwa total pelamar dari Provinsi Sulawesi Utara tercatat ada 77 orang.

“Tahun ini pelamar dari Sulawesi Utara ada sekitar 77 orang yang mendaftar dan sebanyak 71 pelamar berkasnya telah terverifikasi dan telah di masukkan ke dalam sistem milik Korea. Untuk seluruh Indonesia jumlah pendaftar G to G kali ini berhasil memecahkan rekor karena tercatat ada sekitar 35 ribuan orang yang melamar” jelas Hendra.

Hendra menjelaskan bahwa jumlah pelamar tahun ini tidak sebanyak tahun lalu diakibatkan kini proses verifikasi dokumen bisa dilakukan di seluruh kantor BP2MI di Indonesia.

“Tahun lalu proses verifikasi masih dipusatkan di beberapa BP2MI saja. Contohnya pendaftar dari seluruh Sulawesi proses verifikasinya di pusatkan di kantor BP2MI Sulut. Makanya tahun lalu jumlah pendaftar yang kami verifikasi ada sekitar 180-an orang. Namun tahun ini sudah disebar keseluruh BP2MI yang ada di Indonesia jadinya dari Sulut memang yang mendaftar ada sekitar 77 orang” jelas Hendra.

Hendra menambahkan bahwa petugas yang disiapkan oleh BP2MI Sulut yang Ia pimpin ada sebanyak 8 petugas.

“Kami menyiapkan 8 petugas untuk proses verifikasi agar berjalan dengan lancar. Alhamdulilah selama 2 hari ini kami tidak menemukan kendala yang berarti dan kantor pusat kami selalu siaga untuk membantu kami” kata Hendra.

Hendra mengatakan bahwa pihaknya sering melakukan sosialisasi agar mensyarakat tahu tentang program-program kerja ke luar negeri.

“Balai kami gencar melakukan sosialisasi dan promosi program ini baik melalui media massa dan media sosial. Untuk itu pelamar program G to G slelau antusias” kata Hendra.

Lebih lanjut Hendra menyebutkan bahwa setelah proses verifikasi berkas, para pelamar akan mengikuti tes bahasa Korea yang akan diadakan setelah proses verifikasi seluruh Indonesia selesai.

“Setelah proses verifikasi berkas, para peserta akan menjalani tes bahasa Korea yang akan dilakukan setelah semua proses verifikasi dokumen di seluruh Indonesia sudah selesai. Jadi kami menghimbau kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin” tambah Hendra.

“Saya berharap banyak peserta dari Sulut bisa diterima semua karena pastinya akan meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka dan daerah kita juga” tutup Hendra

(DL)**

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here