Beranda Nasional Sang Legenda Sepak Bola ‘Pele’ Tutup Usia, Brasil Tetapkan Tiga Hari Berkabung...

Sang Legenda Sepak Bola ‘Pele’ Tutup Usia, Brasil Tetapkan Tiga Hari Berkabung Nasional

42
0
legenda sepak bola Pele. FOTO : Goal.com

IKNews, BOLA – Dunia sepak bola berduka. Sang legenda sepak bola dari Negara Brasil yakni Pele tutup usia pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB di rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo, Brasil.

Ia menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakit kanker kolon di usia 82 tahun.

Atas meninggalnya Pele, Brasil pun menetapkan tiga hari berkabung nasional atas meninggalnya Pele. Pele dianggap punya jasa begitu besar untuk Brasil.

Pele merupakan sosok legenda Brasil yang mendunia. Ia menjadi satu-satunya pemain yang mampu membawa Selecao tiga kali meraih gelar Piala Dunia yaitu pada edisi 1958, 1962, dan 1970.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menilai Pele adalah sosok yang sangat berjasa mengangkat nama di dunia Brasil lewat sepakbola. Pele menjadikan sepakbola selayaknya seni yang menghadirkan kegembiraan.

“Dengan rasa berduka yang sangat dalam atas meninggalnya seorang pria, yang melalui sepak bola, membawa nama Brasil ke dunia. Dia mengubah sepak bola menjadi seni dan kegembiraan. Semoga Tuhan memberi kesabaran kepada keluarganya dan menyambut Anda ke dalam rahmat-Nya yang tak terbatas,” tulis Bolsonaro di akun Twitternya.

Bolsonaro juga menetapkan tiga hari masa berkabung nasional di Brasil untuk menghormati jasa Pele. Hal tersebut diungkap lewat akun Twitter resmi Sekertaris Pemerintah Brasil.

“Sebagai tanda penghormatan kami yang terdalam untuk pria hebat dan atlet luar biasa “Pelé” Édson Arantes do Nascimento, keluarganya, teman-temannya, seluruh Brasil dan banyak pengagum di seluruh dunia, masa berkabung Nasional selama tiga hari untuk pahlawan Brasil telah ditetapkan oleh Presiden Bolsonaro,” bunyi di akun Twitter Sekertaris Pemerintah Brasil.

Pele juga begitu luar biasa di level klub. Ia hanya membela dua klub selama kariernya yaitu Santos dan New York Cosmos. Ia tercatat bisa membuat 757 gol. Meski Santos mengklaim sang legenda bisa mencetak lebih dari 1000 gol.

Penulis : Surahman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini