Ketua Nasdem Kotamobagu Syariffuddin Mokodongan saat diwawancara sejumlah wartawan di lokasi kantor KPU Kotamobagu beberapa waktu lalu. (FOTO : ICAT)

IKNews, KOTAMOBAGU – Wacana pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) di Kotamobagu pada Pemilu 2024 mendatang akan menjadi 4 wilayah dari sebelumnya 3 dapil, mulai bergulir.

Hal itu terungkap saat kegiatan Uji Publik Penataan Dapil untuk Kursi DPRD Pemilu 2024 yang digelar oleh KPU Kotamobagu Rabu 7 desember baru-baru ini.

Meski ada beberapa partai tak setuju, tapi banyak juga yang ingin agar wilayah Kotamobagu dibagi menjadi empat dapil pada pemilu nanti.

Salah satunya adalah Partai NasDem, sebagaimana diungkapkan ketua NasDem Kotamobagu Syarifuddin Mokodongan saat dihubungi  via seluler kemarin.

Di mana Syarif mengomentari soal wacana pengurangan jumlah kursi di dapil barat dari 9 menjadi 8, dan penambahan kursi di dapil selatan dari 6 menjadi 7 kursi.

Menurut Syarif jika penambahan dan pengurangan jumlah kursi di dua dapil itu dilakukan, maka akan sangat mempengaruhi jumlah bilangan pembagi.

“Sehingga alangkah baiknya dapil yang ditambah. Yakni Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Timur  yang sebelumnya adalah satu dapil, harus dipisah menjadi dua dapil,” ungkap Syarif.

Pertimbangannya kata Syarif, adalah keterwakila wilayah dan bisa mengurangi kos politik para caleg di dapil tersebut.

“Hubungan antara masyarakat dan wakil rakyat akan terus terjaga karena berasal dari daerah yang sama. Contohnya masyarakat kotamobagu timur mudah berkomunikasi dengan aleg dari kotimur, begitupun sebaliknya di Kotamobagu Utara,” jelasnya.

Reporter : Irsat Ganggai

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here