Tatong Bara

IKNews, SOSOK  – Tatong Bara, adalah sosok Wali Kota perempuan di Kotamobagu Sulawesi Utara yang sudah memimpin Kotamobagu 2 periode.

Wali Kota berparas cantik yang sukses memimpin Kotamobagu ini,  lahir 11 Juli 1967 di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur Kotamobagu

Sebelum terpilih sebagai wali kota periode 2018-2018 yang berpasangan dengan Jainuddin Damopolii, Tatong Bara adalah wakil wali kota periode 2008-2013 berpasangan dengan Wali Kota Djelantik Mokodompit.

Pada periode ke dua sebagai wali kota, di periode 2018 – 2023, Tatong berpasangan dengan Nayodo Koerniawan SH.

Diketahui, Ir Hj Tatong Bara merupakan anak dari Imran P Bara dan  Netty Paputungan.

Tatong pernah sekolah di SD Negeri I Matali pada tahun 1980, SMP Katolik Theodorus Kotamobagu pada 1983 dan SMA negeri 1 Kotamobagu pada 1986.

Tatong Bara melanjutkan kependidikan di Universitas Sam Ratulangi Manado di Fakultas Perikanan dan ilmu kelautan pada 1991.

Tatong lalu melanjutkan pendidikan informal di antaranya workshop constitu relation program, National democratic institute Indonesia tahun 2003, Trainers of training program, National democratic institute indonesia pada 2003.

Ir Tatong Bara sebelum menjabat sebagai wali kota kotamobagu, pernah menjadi karyawan di PT Suryaraya Mantap Utama di Jakarta pada tahun 1992 – 1995,

Lalu berpindah di PT Elite Graha Cipta Jakarta pada tahun 1995 – 2000, Lalu pulang ke Kotamobagu dan mecalonkan sebagai legislatif dan terpilih sebagai wakil ketua DPRD Kota Kotamobagu pada tahun 2007 – 2008,

Tatong lalu mencalonkan sebagai wakil walikota kotamobagu pada tahun 2008 – 2013. Tatong terpilih sebagai wali kota kotamobagu dari tahun 2013 hingga kini.

Deretan prestasi yang sudah diraih semasa kepemimpinan Wali kota Kotamobagu Tatong Bara.

Di antaranya penghargaan Kartini award, international human resources program di Jakarta pada tahun 2016,

Percepatan pemberian akta kelahiran anak, dari kementerian anak dan perlindungan perempuan di Jakarta pada 2017,

Selanjutnya manggala karya kencana penganugrah penghargaan itu apresiasi terhadap kinerja,  sinergritas pimpinan daerah yang kreatif dan dinamisator bagi seluruh pimpinan daerah atas semua aspek khusnya program kemitraan BKKBN kota dan Kabupatan, pada tahun 2016.

Tanda kehormatan satya lencana pembangunan dari Presiden Republik Indonesia, Ir Joko widodo, keberhasilan dalam membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program kependudukan dan KB.

Penghargaan dari kementerian dari pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak republik indonesia sebagai kepala daerah yang mendukung kegiatan sehari belajar di luar kelas melalui surat edaran.

Pengukuhan sebagai bunda generasi berencana (Gender) dari badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN) pada tahun 2020

Penghargaan dari presiden Ir Joko Widodo atas keberhasilanya sebagai walikota kotamobagu atas keberhasilanya menangani pandemi covid-19 sekaligus pemulihan ekonomi daerah tahun 2021.

Masih banyak prestasi yang sudah di raih semasa kepemimpinan Ir hj Tatong Bara.

Reporter : Irsat Ganggai

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here