Universitas Negeri Manado (Unima) bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan riset terkait Originalitas Musik Kolintang Minahasa. (FOTO : DEDE)

IKNews, MANADO – Universitas Negeri Manado (Unima) bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan riset terkait Originalitas Musik Kolintang Minahasa.

Tentu saja, fokus riset menitikberatkan pada Teknik Pembuatan Instrumen, Permainan dan Penerapan Orkestrasi.

Berkolaborasi dengan Yayasan Serat, titik fokus riset sendiri salah satunya memperhatikan proses pembuatan hingga standar keselamatan pekerja pembuatan kolintang.

Selain itu, diperlukan inovasi dalam struktur fisik maupun teknis untuk menghasilkan kualitas bunyi.

Adapun jenis kayu turut menjadi perhatian dalam penelitian, demi ketahanan alat musik, hingga mendapatkan instrumen musik lebih bersaing secara mondial.

Tim riset juga memberikan catatan bahwa perlu teknik khusus sehubungan dengan peningkatan estetika bangunan fisik instrumen maupun keindahan bahan kayu yang digunakan.

Tim dari riset ini akan bekerja selama tiga tahun, di mana rentang waktu satu tahun untuk tahap persiapan, sosialisasi hingga identifikasi sumber pembuatan kulintang ansambel.

Untuk kunjungan yang telah dilakukan tim dalam pelaksanaan riset ini antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon,Kantor DPRD Kota Tomohon dan RBN Wale Ma’zani

Adapun tim riset ini diantaranya Prof Dr Perry Rumengan, Dra. R.A D Dinar Srihartati, M.Sn dari UNIMA, dr. Roy G. A. Massie, MPH, PhD, Dr. dr. Felly P. Senewe, M.Kes dari BRIN dan Roy Asona, SE dari Yayasan Serat Manado.

Penulis : Surahman

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here