Beranda Daerah Boltim 33 Desa di Boltim lakukan Pencairan Dana Desa Tahap III

33 Desa di Boltim lakukan Pencairan Dana Desa Tahap III

30
0
Hendra Tangel

IKNews, Boltim — Progres Pencairan Dana Desa tahun 2022 tahap III di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai bergeliat.

Berdasarkan data yang diterima media infokini.news, rekapitulasi progres Dana Desa per 1 Desember 2022, tercatat tahap III sudah 33 desa yang sudah ditransfer ke rekening desa.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kabupaten Boltim, Hendra Tangel, SH., yang menyebutkan total Dana Desa tahap 3 tahun 2022 sebanyak Rp 57.961.389.000.

“Baru 33 Desa yang Dana Desa nya sudah ditransfer ke rekening mereka masing-masing,” kata Hendra Tangel, Kamis (01/12/2022) siang.

Menurut Hendra, 33 Desa yang telah melakukan proses pencairan Dana Desa terlebih dahulu sudah memasukkan sejumlah laporan sesuai yang dipersyaratkan, diantaranya data stunting dan realisasi dan desa tahap 2.

“33 Desa ini sudah memasukan laporan data Stunting Tingkat Desa Tahun 2021, laporan realisasi Dana Desa sampai dengan tahap 2 tahun 2022 (Minimal realisasi 90% dan capaian output minimal 75%),” terangnya.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, laporan data stunting setiap desa tersebut menggunakan sistem pelaporan data oleh Pemerintah desa melalui aplikasi OM-SPAN.

“Laporan stunting itu data dari desa baru diinput di aplikasi OM-SPAN. Laporan realisasi data dari siskeudes baru diinput di Aplikasi OM-SPAN,” jelasnya.

Adapun batas pelaporan data tersebut paling lambat dimasukkan pada Aplikasi OM-SPAN yakni tanggal 15 Desember 2022 mendatang.

“Bagi pemdes yang belum memasukkan laporan, kami imbau dipercepat agar dana desa kalian bisa segera ditransfer juga di rekening Desa,” pungkasnya.***

 

Reporter : Yogi Farlin Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini