Kabid Koperasi dan UKM Widarsi Andu SE

IKNews, KOTAMOBAGU – Dari jumlah sekira 210 koperasi yang terdata di Dinas Perindustrian, Perdangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Kota Kotamobagu, hanya 36 koperasi yang dinyatakan aktif.

Hal itu diakui kepala Disperindagkop-UKM Kotamobagu, melalui Kabid Koperasi dan UKM Widarsi Andu SE, saat ditemui di kantornya Kamis 27 Oktober 2022.

“Totalnya ada 210 sudah dengan data di aplikasi ODS. Namun yang aktif hanya 36 koperasi, itupun sudah termasuk dengan KUD,” jelas Andu.

Tambah Andu, untuk koperasi-koperasi yang aktif tersebut, kebanyakan bergerak di bidang simpan pinjam.

“Untuk koperasi yang tidak aktif lagi, sedang kita lakukan proses pembekuan. Tahapannya kita sudah menyurat ke desa dan kelurahan. Apalagi beberapa koperasi yang sudah tidak aktif, alamatnya sudah tidak jelas keberadaannya,” ungkap Andu.

Meski demikian, Andu mengatakan, pada pertengahan tahun 2022 tepatnya bulan Juni lalu, pihak Disperindagkop-UKM Kotamobagu menggelar pelatihan kepada koperasi yang ada di Kotamobagu.

“Tapi hanya untuk koperasi yang aktif, kalua tidak salah waktu itu diikuti oleh 99 orang pengurus anggota koperasi,” tandasnya.

Reporter : Irsat Ganggai  

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here