Beranda Politik Ketua DPRD Sulut Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi

Ketua DPRD Sulut Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi

33
0

INFOKINI.NEWS-MANADO- Mengenang jasa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Republik Indonesia, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Fransiscus Andi Silangen (FAS) Mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Rabu (17/8/2022) tepat pukul 00.00 Wita.

Dengan penuh khidmat dan khusyuk Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Tanam Makam Pahlawan di Pimpin langsung Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di hadiri seluruh jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen dan Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi.

Apel ini diawali dengan Perhormatan kepada Arwah Pahlawan, lalu Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Doa.

Nampak, Wagub Kandouw selaku inspektur upacara membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian tehadap perjuangan, demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ucap Kandouw dalam pembacaan teks tersebut.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula, dan dalam kebhaktian yang suadara-saudara tempuh, adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya,” lanjutnya.

Apel kehormatan dan renungan suci itu kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor yang mengitari monumen di TMP Kairagi.

Wagub menyampaikan penghormatan kepada para pahlawan atas keikhlasan dan kesucian dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

Saat mengheningkan cipta, seluruh peserta apel menundukkan kepala mendoakan arwah para pahlawan yang telah rela berkorban dengan tulus ikhlas merebut kemerdekaan RI.

“Ini bentuk penghormatan kami terhadap pejuang bangsa telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Bangsa besar adalah Bangsa yang menghormati jasa pahlawannya,” kata Kandouw.

Diketahui, pahlawan yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado berasal dari TNI-Polri, pejuang rakyat dan warga sipil.

Adapun Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan rangkaian HUT ke -77 RI yang berlangsung di seluruh Indonesia.

(DNL)**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini