Beranda Daerah Kotamobagu Pemkot Gelar Apel Kesiapsiagaan

Pemkot Gelar Apel Kesiapsiagaan

38
0

Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam di Lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, Senin (26/4/2021).

Upacara apel kesiapsiagaan dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Sande Dodo MT mewakili Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara.

Adapun pelaksanaan apel bertepatan dengan hari kesiapsiagaan bencana pada 26 April 2021, yang mengambil tema ‘Siap Untuk Selamat’ dengan sub tema ‘Latihan Membuat Kita Selamat’.

Dalam kesempatan, Sekda Sande Dodo menyampaikan, bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan, yang bisa mengakibatkan kerugian sampai dampak psikologis.

“Apel pagi ini merupakan upaya untuk kesiapsiagaan serta kewaspadaan dalam menghadapi bencana alam,” ujar Sekda Sande Dodo membacakan sambutan Walikota Tatong Bara.

Lanjutnya, kejadian bencana atau darurat dapat muncul sewaktu-waktu. Besar kecilnya bencana tentu sulit diprediksi. Ketika bencana terjadi, masyarakat hanya memiliki waktu yang singkat untuk mengevakuasi diri.

Cara terbaik mengurangi risiko korban dan kerugian adalah mempersiapkan diri dengan memiliki rencana manajemen darurat sebelum terjadi bencana.

“Oleh karena itu, penting untuk membekali diri dengan pengetahuan yang berkaitan dengan kondisi darurat, termasuk mitigasi bencana atau serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana,” jelasnya.

Adapun pelaksanaan apel sesuai surat dari pemerintah pusat, bahwa penting melaksanakan apel kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi cuaca ekstrim yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi. Ia menambahkan kepada teman-teman yang terlibat dalam tim untuk terus bersemangat dalam rangka menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam diwilayah Kota Kotamobagu.

“Pemerintah daerah selalu siap hadir di tengah masyarakat dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi,” tambahnya.

Adapun yang ikut apel kesiapsiagaan Kodim 1303 Bolmong, Polres Kotamobagu, Basarnas Kotamobagu, PMI Cabang Kotamobagu, serta instansi terkait dilingkungan Pemkot Kotamobagu. Sedangkan yang hadir pada kegiatan tersebut Wakapolres Kotamobagu Kompol Rina Frillya SIK, Ketua MUI Kotamobagu Yusuf Dani Pontoh, Asisten I Teddy Makalalag, Asisten II Sitti Rafiqah Bora, Asisten III Adnan Masinae, para Pimpinan OPD Pemkot Kotamobagu, Camat, serta Lurah dan Sangadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini