Beranda Advetorial DPRD Sulut Gelar Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama, Penyampaian Laporan AKD Sekaligus...

DPRD Sulut Gelar Paripurna Penutupan Masa Persidangan Pertama, Penyampaian Laporan AKD Sekaligus Pembukaan Masa Sidang Kedua dan Laporan Hasil Reses I Tahun 2021

51
0

INFOKINI.NEWS- DPRD Provinsi Sulawesi Utara menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penutupan Masa Persidangan Pertama Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD sekaligus Pembukaan Masa Persidangan Kedua Tahun 2021 dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses Pertama Tahun 2021 bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulut, Senin (19/04) siang.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua DPRD Sulut, Victor Mailangkay dan Billy Lombok.

Turut hadir, Gubernur Sulawesi Utara dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, Anggota DPRD Provinsi Sulut, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Pejabat Lingkup Pemerintah Provinsi Sulut, tamu undangan, serta insan pers.

Mencermati kondisi wabah covid-19 maka mekanisme rapat Paripurna dilaksanakan dengan memadukan kehadiran secara fisik dan virtual dengan tetap menetapkan protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sulut, Fransiscus Andi Silangen mengajak semua untuk mengucap syukur kehadirat Tuhan yang maha Kuasa atas rahmat dan anugerahnya masih diberikan nafas kehidupan dan kesehatan di tengah-tengah situasi pandemi covid 19 yang sampai dengan saat ini masih melanda seluruh dunia, melanda bangsa dan negara kita, termasuk daerah kita provinsi Sulawesi Utara.

“Secara pribadi saya menyampaikan salut kepada rekan-rekan pimpinan pimpinan dan anggota DPRD yang tetap menunjukan performa yang maksimal dalam menjalan tugas-tugas kedewanan selama masa persidangan pertama antara lain, dalam menyerap aspirasi masyarakat, mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah daerah, serta melakukan tugas pengawasan atas pelaksanaan peraturan daerah walaupun kita masih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini,” ujar Silangen.

Silangen juga berharap performa baik ini semakin ditingkatkan dalam memasuki masa persidangan yang kedua

“Kita perlu mengingatkan kembali pada diri kita masing-masing bahwa kita adalah representasi dari masyarakat, Kita berada disini karena dipilih dan dipercaya oleh masyarakat sebagai penyambung lidah untuk menyampaikan apa yang menjadi aspirasi dan keinginan dari masyarakat”, tambah Politisi PDIP ini.

Di sisi lain, Silangen juga mengungkapkan, kita dituntut untuk menjadi teladan dalam perkataan dan tindakan karena adalah representasi dari rakyat.

“Mari terus kita jaga sikap kita sebagai pejabat publik yang dipundak kita sekalian rakyat meletakkan banyak harapan. Marilah kita terus berbenah diri dan meningkatkan performa kinerja kedewanan kita, sehingga kita dapat terus memperjuangkan aspirasi masyarakat, menjawab segala bentuk permasalahan yang ada di masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab moral atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan kepada kita,” ungkapnya.

Tak lupa, Ketua DPRD Sulut mengapresiasi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang tetap bekerja secara optimal dalam menjalankan pemerintahan.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw beserta seluruh jajaran pemerintah provinsi Sulawesi Utara yang tetap memperlihatkan kinerja yang optimal dalam menajalankan roda pemerintahan terutama mengingat situasi pandemi Covid 19 yang masih terjadi hingga saat ini DPRD Sulawesi Utara”, tutur Silangen sembari menambahkan bahwa selaku mitra strategis pemerintah provinsi Sulawesi Utara, DPRD sepenuhnya mendukung serta siap sedia dalam memberikan rekomendasi terhadap berbagai permasalahan dan upaya serta kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh bapak Gubernur dan Wakil Gubernur di provinsi Sulawesi Utara.

Dalam acara penyerahan Laporan Kinerja Alat Kelengkapan Dewan,  untuk pimpinan dewan diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Billy Lombok, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) diserahkan oleh Melky Pangemanan, Badan Kehormatan (BK) diserahkan oleh Sandra Rondonuwu, Komisi I laporan kinerja diserahkan oleh Sekretaris Komisi Mohammad Wongso, Komisi II diserahkan oleh Sjeni Kalangi, Komisi III Stella Runtuwene sedangkan Komisi IV oleh Sekretaris Careig N Runtu.

Sementara itu untuk laporan reses dilakukan per daerah pemilihan (Dapil), Dimana untuk Dapil I Kota Manado diwakili oleh Ivan Lumentut, yang membacakan laporan dan menyerahkan hasil reses,  Dapil Bitung-Minut diserahkan hasilnya oleh Berty Kapojos dan Dapil Kepulauan oleh Tonny Supit. Sementara Dapil Bolmong Raya diserahkan oleh Yusra Alhabsyi. Sedangkan untuk Dapil Minsel-Mitra diwakili penyerahaan hasilnya oleh Stella Runtuwene, dan Dapil Minahasa-Tomohon oleh Melisa Gerungan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sulut yang terlibat aktif selama ini mengawal pencapain visi dan misi pembangunan daerah di Sulut dan memajukan Sulut menjadi lebih baik.

“Terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD atas upayanya dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab dan mampu menjalin koordinasi dan sinergitas yang positif dengan segenap komponen pembangunan di daerah ini utamanya Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Diketahui, Visi Pembangunan Daerah Provinsi Sulut tahun 2021-2026 adalah: “Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik”, dengan 5 (lima) misi, yakni: Peningkatan kualitas manusia Sulawesi Utara; Penguatan ekonomi yang bertumpu pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa; Pembangunan infrastruktur dan perluasan konektivitas; Pembangunan daerah yang berkelanjutan; Pemerintahan yang baik dan bersih didukung oleh sinergitas antar daerah.

Untuk itu, Olly mengharapkan agar hasil kegiatan di tahun 2021 dapat menjadi bahan bagi DPRD bersama dengan Pemprov Sulut untuk menyusun langkah strategis, rencana kerja dan rencana kebijakan kedepan.

Terkait penanganan pandemi Covid-19 di Sulut, Olly menjelaskan bahwa dalam satu bulan terakhir ini laporan dari Dinas Kesehatan menunjukan penurunan.

“Artinya lebih banyak yang sembuh dari pada yang terpapar,” ungkap Olly.

Lebih jauh, orang nomor satu di Sulut ini pun optimis lewat komitmen, semangat, dan kerja keras bersama dari semua pihak, secara bertahap seluruh kebutuhan dan keinginan masyarakat Sulut dapat terwujudkan bersama.

(Desieree/ADVETORIAL)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini