INFOKINI.NEWS- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ilo-Ilo ditargetkan selesai Bulan Desember 2021. Hal ini ditegaskan Kepala Balai Prasarana Pemukiman (Praskim) Wilayah Sulut, Rus’an M. Nur Taib saat diwawancarai awak media usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPRD Sulut, Senin (29/03).

Menurutnya, Pembangunan TPA Regional Ilo-ilo kami targetkan bulan Desember 2021 ini selesai dan bisa berproduksi.

“Bangunan yang dibangun di TPA itu memang hanya dibuat khsusus untuk Renville dan pelengkapnya ada bangunan lainnya yaitu dua kolam lindi, dimana kolam lindi menampung air dari bekas-bekas sampah yang sudah mengikuti proses yang ada, ” ujarnya.

“Bukan itu saja yang kami bangun, adapun jalan masuk dan kantor operasional dari TPA ini, dan kami meyakini bulan Desember 2021 selesai, dan tahun 2022 bisa segera selesai,” tambahnya.

Ditambahkannya, pembangunan maupun proses lainnya itu bukan tanggungjawab dari Praskim, dan sisanya itu mungkin lebih tau dinas Perumahan kawasan pemukiman dan pertanahan (Perkim) daerah Provinsi Sulut, maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut.

“Kontrak kami hanya 2 Tahun dan kami sangat-sangat optimis pengerjaan di pembangunan TPA Regional Ilo-ilo akan segera rampung Desember 2021 ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Rus’an mengatakan bahwa lahan di TPA Ilo-ilo regional Wori Minut bisa menampung sampah 1000 ton perhari, TPA ini dikusukan bagi 4 Kabupaten/Kota yaitu Kota Manado, Minut, Kota Bitung dan Minahasa.

“Namun ketiga kabupaten/kota punya Tempat Pembuangan akhir di daerahnya masing-masing dan Masih mampu menampung, yang menjadi permasalahan saat ini hanya Kota Manado yang sudah tidak bisa menampung lagi sampah-sampahnya,” tutupnya.

(DNL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here