Beranda Politik Wakil Gubernur Sulawesi Utara Hadiri Pelantikan PAW Anggota DPRD Sulut Triple “H”

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Hadiri Pelantikan PAW Anggota DPRD Sulut Triple “H”

64
0

INFOKINI.NEWS- Pengambilan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Pengganti Antar Waktu (PAW) Hendry Walukow, Herry Rotinsulu, dan Herol Kaawoan dilaksanakan di ruang Paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (14/01) pukul 10.00 Wita.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Forkopimda, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Anggota DPRD Sulut, Pejabat Lingkup Pemerintah Provinsi Sulut, Tamu Undangan, dan Insan Pers.

Ketua DPRD Sulut Andi Silangen secara langsung melantik Herry Rotinsulu, Hendry Walukow dan Herol Kaawoan sebagai anggota DPRD Sulut PAW periode 2021-2024.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan seluruh masyarakat Sulut menyampaikan ucapan selamat kepada ketiga anggota DPRD Sulut yang baru diambil janjinya dan berharap mereka dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal.

Dipahami bersama bahwa secara konseptual maupun legal-formal, kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah, dimana memiliki tanggung jawab yang sama dengan pemerintahan daerah dalam menjalankan pemerintahan daerah.

Dalam hal ini, secara nyata terlihat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana DPRD diletakan sebagai unsur penyelenggara pemerintah yang bermitra sejajar dengan Kepala Daerah.

Oleh karena itu, Wagub mengharapkan para anggota DPRD Provinsi Sulut untuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal, baik fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan.

“Karena fungsi anggota DPRD itu sangat penting, tanpa ada anggota DPRD Pemerintahan di Sulut ini tidak akan jalan,” ungkapnya.

Selain itu, Wagub juga berharap kepada para anggota dewan yang telah dilantik ini mampu menjadi anggota dewan yang berani berbicara untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Sulut.

“Berani berbicara yang kondusif, substansial dan berbicara dengan mengidentifikasi dulu baru diakumulasi dan kemudian baru dibawa untuk diagregasi menjadi produk-produk dewan yang muaranya pada kesejahteraan rakyat,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Wagub juga memberikan apresiasi kepada Ketua dan Wakil Ketua serta para anggota dewan atas terselenggaranya kegiatan ini yang meski digelar di tengah pandemi Covid-19, namun berhasil melaksanakan perintah undang-undang ini dengan tertib.

Tak lupa Wagub Kandouw mengajak kepada para anggota dewan dan seluruh masyarakat Sulut untuk bersama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Mari bersama-sama kita tangani dan kendalikan pandemi Covid-19. Kita yakinkan masyarakat bahwa kita pasti pulih dari pandemi ini, kita pasti bisa melewati masa-masa seperti sekarang ini. Sehingga dengan demikian, kita mampu menjadikan masyarakat Sulawesi Utara sebagai masyarakat yang tangguh, maju dan sejahtera,” pungkasnya.

(DNL) *

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini