Kotamobagu – Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kotamobagu Herman J Aray, menyampaikan
Pasar Genggulang di Kecamatan Kotamobagu Utara, akan segera di operasikan.

“Rencananya Januari ini kita sudah mulai persiapan pemindahan para pedagang yang ada di Pasar Serasi ke Pasar Genggulang. Kemudian di bulan Februari kita targetkan semua pedagang sudah direlokasi, sehingga pasar tersebut sudah dapat beroperasi, lantas di bulan Maret kita lakukan evaluasi,” ujarnya.

Herman mengakui persiapan untuk pengoperasian pasar yang terletak di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara itu, cukup memakan waktu.

“Awalnya yang kita siapkan adalah akses jalan masuk. Dimana, di tahun 2018 kita melakukan pengadaan akses jalan dengan melakukan pembebasan lahan dan ganti rugi lahan milik warga yang akan dijadikan jalan masuk. Di tahun 2019 jalan selebar 24 meter untuk akses masuk ke pasar kita bangun, lengkap dengan taman dan juga lampu penerang jalan di bagian tengah,” ungkap Aray.

Di tahun 2020, Aray mengakui kalau pihaknya sudah akan mengoperasikan pasar tersebut. Namun, pandemi covid-19 yang terjadi di awal Maret 2020 menjadi salah satu penghalang beroperasinya pasar itu.

“Saat itu terjadi pandemi. Selain itu juga pedagang ikan memberikan masukan terkait dengan keberadaan Instalasi Pembuangan Air Limbah (Ipal) di pasar tersebut. Makanya di tahun 2020, kita fokus untuk penyelesaian Ipal tersebut dahulu. Dimana, Ipal itu selesai dibangun di akhir tahun 2020 lalu, yg dialokasikan melalui APBD Perubahan,” tambahnya.

Herman menjelaskan, saat ini Pasar Genggulang telah siap ditempati. Dimana, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk melakukan pemindahan para pedagang yang ada di Pasar Serasi ke Pasar Genggulang.

“Sejumlah rencana untuk pengoperasian pasar itu di awal tahun ini sudah kita siapkan. Namun tentu ini juga butuh kerja sama dengan instansi lain seperti Dinas Perhubungan juga Dinas Satpol-PP. Untuk itu, kita sementara lakukan kordinasi. Pastinya, dalam waktu dekat target kita pasar tersebut sudah akan diaktifkan,” pungkasnya.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here