Kotamobagu – Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kotamobagu, tahun 2021 memprioritaskan program pemurnian benih padi lokal jenis Serayu, untuk segera terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan) dan menjadi komoditi unggulan di Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Kepala DPP Kotamobagu, Muhammad Yahya mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Balai Pengujian Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan (BP2SBTP) Provinsi Sulawesi Utara, dalam hal perbaikan varietas padi lokal jenis Serayu.

“Penangkaran padi lokal yang utama adalah tahapan seleksi, baik seleksi benih maupun seleksi tanaman. Nah, salah satu cara yang kita upayakan yaitu dimurnikan. Jadi, nanti tiga kali panen kita lakukan uji coba, apakah benih tersebut layak atau tidak,” terang Yahya.

Untuk itu, lanjut Yahya, pihaknya akan bekerjasama dengan BP2SBTP Provinsi Sulawesi Utara, jika nanti hasilnya bagus akan didaftarkan ke Kementerian Pertanian, agar benih padi Serayu mempunyai legalitas sebagai bibit dari Bolaang Mongondow Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here