Minut – Pengabdian jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) diapresiasi Ketua Bawaslu RI Abhan, ketika melakukan kunjungan kerja di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Minut Minggu (11/10/2020).

“Hampir tiga bulan dinonaktifkan sejak Maret dan aktif kembali pada pertengahan Juni, rekan-rekan Panwascam tetap setia dan berkenan bergabung kembali dan bertugas bersama Bawaslu. Hal ini saya sampaikan sebagai sebuah dedikasi dan pengabdian yang luar biasa untuk negara dan kesuksesan pelaksanaan tugas Bawaslu,” sebut Abhan.

Selanjutnya Abhan menyampaikan apresiasi setingi-tingginya Bawaslu RI, kepada Bawaslu Minut dan jajaran pengawas Kecamatan serta Kelurahan/Desa, yang tetap melaksanakan tugas pengawasan Pilkada sampai hari ini. Disebutkan juga jajaran pengawas Kecamatan dan Kelurahan/Desa merupakan garda terdepan dalam menyukseskan Pilgub Sulut dan Pilbup Minut, yang saa ini ada pada tahapan kampanye.

“Ini luar biasa, sebab melaksanakan tugas dimasa Pandemi Covid-19. Ketika sebagian orang tidak berani keluar dan berinteraksi, namun rekan-rekan Panwascam justru tanpa takut, tetap melaksanakan tugas pengawasan. Walaupun saya tahu tidak meninggalkan protokoler kesehatan penanggulangan Covid-19,” katanya.

Kemudian Abhan menjelaskan terkait pengawas pemilu, saat ini terdapat dua fokus yakni mengawasi substansi elektoral dan non elektoral.

“Di masa pandemi ini, Bawaslu mendapatkan dua tugas penting yakni substansi elektoral seperti DPT ganda, ujaran kebencian, sara dan juga mengawasi yang sifatnya non elektoral yaitu mengawasi protokol kesehatan. Dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020, kita diberikan kewenangan untuk menghentikan atau membubarkan kampanye ketika terdapat pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Saya mengajak jajaran Bawaslu bertindak, jika di lapangan kita menemukan ada paslon dalam kampanye tidak mematuhi protokol kesehatan pertama dengan surat teguran secara tertulis, dalam kurun waktu 1 jam kemudian ternyata pelanggaran masih ada, dengan berkoordinasi ke pihak kepolisian segera membubarkan kampanye, sehingga potensi penyebaran Covid-19 pada masyarakat dalam kampanye dapat diminimalisasi,” tegasnya.

Kunjungan Ketua Bawaslu RI Abhan di Bawaslu Minut, didampingi Ketua Bawaslu Sulut Sulut Herwyn Malonda, Mustarim Humagi dan Korsek Bawaslu Sulut Aldrin Arthur Christian.

Sementara itu, rombongan penting jajaran Bawaslu RI ini, disambut Komisioner Bawaslu Kabupaten Minut Simon Awuy, Rocky Ambar serta Kepala Sekretariat Bawaslu Minut Michael Polii dan seluruh jajaran Panwascam se- Minut. Komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar, menyampaikan terima kasih pada Ketua Bawaslu RI atas kunjungan dan perhatian sehingga melakukan kunjungan dan melakukan penguatan kelembagaan ke Bawaslu Kabupaten Minut.

“Dengan kunjungan ini, kami keluarga besar Bawaslu Minut, merasa bangga dan bersyukur bisa bertatap muka secara langsung dengan ketua Bawaslu RI. Sekaligus mendengarkan arahan dan nasihat sebagai penambah semangat kepada kami, ketika menjalankan tugas,” tutup Ambar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here