Beranda Kabupaten Kaur Desa Bilalang Satu Budayakan Musik Kolintang

Desa Bilalang Satu Budayakan Musik Kolintang

117
0

Kotamobagu – Musik Kolintang merupakan kearifan lokal budaya Bolaang Mongondow yang hampir punah. Sudah jarang disetiap kampung di Bolaang Mongondow Raya bisa ditemukan musik tradisional yang menggunakan gong dan gendang ini. Karena, sudah termakan zaman yang serba modern.

Namun, berbeda halnya di Kota Kotamobagu, tepatnya di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara, musik Kolintang ini terus dilestarikan oleh Pemerintah dan masyarakat setempat. Sehingga, kearifan budaya lokal ini tidak punah.

Sebagaimana yang dikatakan, Sekretaris Desa (Sekdes) Bilalang I, Hartono Mamonto, bahwa di Bilalang I terdapat gedung sanggar belajar untuk melatih para regenerasi pemain musik Kolintang.

“Karena Bilalang I mempunyai gedung sanggar belajar, dan ini adalah alat musik tradisional yang sudah langkah. Sehingga dengan adanya itu, Pemerintah Desa Bilalang I berinisiatif untuk mendidik para regenerasi yang ingin melestarikan kearifan lokal ini,” kata Hartono.

Tentu, dengan adanya kegiatan pendidikan musik Kolintang ini, bisa mengembangkan potensi budaya lokal di Kotamobagu, khususnya di Desa Bilalang I.

Diketahui, masyarakat Desa Bilalang I yang ingin belajar memainkan musik Kolintang telah dibagi kategori kelompok usia. “Ada yang usia dini, remaja, bahkan orang tua,” tukas Hartono.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini