Beranda Kabupaten Kaur Laris Manis, Yonce Puluhan Tahun Geluti Bisnis Pembibitan Komoditi Tanaman Pertanian

Laris Manis, Yonce Puluhan Tahun Geluti Bisnis Pembibitan Komoditi Tanaman Pertanian

128
0

Kotamobagu – Mengembangkan usaha jika ditekuni dengan serius sudah pasti akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Hal itu yang dilakukan salah satu warga Kota Kotamobagu, Yonce Mamangkey. Ia memanfaatkan lahan miliknya untuk usaha pembibitan tanaman pertanian.

Ia mengeluti usaha pembibitan komoditi tanaman pertanian sudah puluhan tahun dan bisnis pembibitannya cukup laris dan tersebar di mana-mana.

Ada beragam komoditi yang di kembangkan oleh Pak Oce sapaan akrabnya, diantaranya, bibit Cengkeh, Kakao, Kopi, Kemiri, dan sayur-sayuran.

“Ada juga dari provinsi yang memesan bibit disini. Jadi setiap kegiatan pengembangan pertanian di BMR, maka dari provinsi sudah melakukan pemesanan bibit disini dengan skala besar,” kata Yonce.

Dikatakannya,  beberapa pemebeli dari luar daerah sengaja datang ke Kotamobagu memesan ribuan bahkan ratusan ribu bibit ditempatnya.

“Sudah ada beberapa desa yang memesan bibit disini, lewat dana desa. Disalurkan di Dua Kabupaten, yaitu Bolmong Induk dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),” ungkapnya

Penyediaan bibit tanaman ini sangat berpotensi, terutama dalam mendorong sektor pertanian yang ada di BMR. Ratusan ribu bibit kini Ia siapkan untuk memenuhi permintaan petani.

“Paling banyak itu saya membuat 400 ribu bibit cengkeh, nah saat ini ada sekitar 250 ribu bibit kakao yang sedang digarap,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini