Beranda Daerah Kotamobagu Inilah Cara Penanganan Kelima Pasien Sembuh Covid-19 Di Kotamobagu

Inilah Cara Penanganan Kelima Pasien Sembuh Covid-19 Di Kotamobagu

439
0

Kotamobagu – Akhirnya Kelima Pasien Positif Coronavirus atau Covid-19 sembuh Sabtu (09/05/2020), dan tinggal 2 pasien yang masih di Rawat RSUD Kotamobagu dari akumulasi 7 orang pasien di Kotamobagu.

Ke 5 pasien itu dijemput langsung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dan lurah Mogolaing serta Lurah Mongkonai bersama Camat Kotamobagu Barat untuk diantar kerumah masing-masing.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, dr Tanty Korompot, mengatakan bahwa masyarakat harus menghapus stigma sosial tentang Covid-19, yakni asosiasi negatif terhadap seseorang atau sekelompok orang yang mengalami gejala atau menyandang penyakit tertentu. Sebab Covid-19 bukanlah aib tapi wabah yang harus dihadapi bersama-sama.

“Jangan lagi mereka didiskriminasi, diperlakukan berbeda, atau mengalami pelecehan status karena terasosiasi dengan sebuah penyakit. Dijemput pemerintah dengan arti kata mereka tidak mengapa untuk bergaul kembali di tengah masyarakat. Sebab saat ini kita harus menghapuskan stigma di masyarakat yang mengucilkan mereka. Padahal virusnya yang kita hindari bukan orangnya yang di kecilkan,” kata Tanty.

Direktur Umum (Dirut) RSUD Kota Kotamobagu, dr Eka Budiyanti, menambahkan 5 Pasien Positif Covid-19 di Kota Kotamobagu, yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, telah dinyatakan sembuh.

“Alhamdulillah, 5 dari 6 pasien yang dilakukan Swab tes sebanyak 3 dan 4 kali, didua tes terakhir ke 5 Pasien menunjukan hasil yang negatif,” kata dr Eka.

Dr Eka mengatakan, untuk pasien yang satunya lagi,  akan dilakukan Swab tes kembali.

“karena hasil dari 1 pasien baru 1 kali negatif maka akan di tes swab lagi,” ujarnya.

Dr Eka menambahkan, saat kembali ke rumah mereka diberikan bantuan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. “Mereka tadi diberikan sembako sehari-hari dan berbagai multivitamin,”ucapnya.

Sementara itu menurut, Salah satu tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 mengatakan semua pasien diberikan fasilitas terbaik mulai dari makan,minum dan obat selama proses penyembuhan mereka.

“Awalnya mereka down, tapi sekarang alhamdulilah sembuh. Semua pasien covid-19 mendapatkan makanan terbaik setiap harinya. Mereka pun olahraga tiap pagi, dan diberikan motivasi serta pengobatan yang membuat imun tubuh mereka meningkat,”ungkapnya.

Salah satu pasien sembuh asal Mogolaing ketika diwawancarai mengatakan, mereka sangat senang dan bahagia bisa kembali bersama-sama keluarga.

“Alhamdulilah, siapa tidak senang ketika dikatakan sehat, Kami sangat senang, apalagi pelayanannya baik,”ucapnya.

Dia menghimbau agar kiranya semua masyarakat Kotamobagu mengikuti apa yang disampaikan Pemerintah, hingga petugas kesehatan. (Zakir)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini