Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, bersama Dinas Pendidikan (Disdik). Lakukan uji coba Aplikasi Smart School di SMP Negeri 4 Kotamobagu.

“ Hari ini, perdana uji coba Aplikasi Smart School,” kata Kepala Diskominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar Rabu (29/01/2020).

Menurut Ahmad Yani, saat ini pengembangan aplikasi sudah mencapai tahap 90 persen. Ia pun mengungkapkan pada saat ini  dua sekolah akan menjadi contoh terlebih dahulu penerapan aplikasi tersebut yakni, SDN 2 Kotamobagu dan SMPN 4 Kotamobagu. “Program ini sebenarnya sudah mulai berkembang, kepala sekolah mulai dari tingkat SD – SMP se Kotamobagu sudah mengajukan usulan pemasangan aplikasi Smart School,”  ungkapnya.

Smart School ini, merupakan Ide dari Wali Kota Kotamobagu. Dimana Wali Kota peduli dengan para orang tua yang tidak dapat mengontrol penuh keberadaan anaknya di sekolah. Sehingga lewat aplikasi ini, mudah – mudahan bisa membantu orang tua untuk melakukan monitoring terhadap anaknya secara langsung, mulai jam masuk sekolah dan keluar sekolah.

Dia berharap uji perdana ini akan berhasil maksimal, kemungkinan besar ini merupakan satu satunya di Sulawesi Utara.

“Untuk kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan, dapat juga mengontrol keberadaan guru – guru , mulai dari masuk sekolah hingga mengajar atau tidak, pada prinsipnya lewat aplikasi ini bisa terpantau semuanya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 4 Kotamobagu Erni Mokodompit, mengatakan tentunya sebagai sekolah percontohan penerapan aplikasi Smart School, keluarga besar SMPN 4 Kotamobagu mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara , Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan dan Kepala Dinas Pendidikan.

“Ini merupakan bantuan yang sangat luar biasa yang diberikan ke SMPN 4 Kotamobagu selaku sekolah rujukan yang ada di Kotamobagu,”kata Erni.

Menurutnya, ini sangat membantu baik dari pihak sekolah maupun orang tua siswa. “Dengan adanya Smart School, baik dari segi kehadiran maupun aktifitas siswa hingga guru – guru, dapat dipantau lewat aplikasi ini. “Karena dimanapun kita berada, kita bisa mengecek secara langsung setiap aktifitas, mulai dari jam masuk hingga jam keluar anak sekolah maupun guru, terutama kehadiran siswa,” tutupnya. (Zak)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here