foto istimewah

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU –  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Kotamobagu menggelar Seminar Budaya yang dilaksanakan di Restauran Lembah Bening,Kelurahan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur, Jumat (13/12/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, yang turut dihadiri sejumlah budyawan, tokoh masyarakat serta aparatur desa dan kelurahan se-Kotamobagu.

Dalam sambutan, Nayodo mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya daerah. Karena itu merupakan bentuk penghargaan akan kecintaan kita semua terhadap budaya warisan leluhur.

“Pelestarian adat, seni dan budaya ini, bukan hanya merupakan tanggungjawab dari pemerintah daerah saja. Namun juga sangat membutuhkan adanya dukungan dari semua pihak, termasuk pata seniman, budayawan, maupun masyarakat pada umumnya yang ada di daerah ini,” katanya.

Lebih lanjut ia berharap agar para peserta yang mayoritas sebagai pecinta budaya untuk menggali kembali berbagai seni dan budaya daerah, serta mengajak para generasi muda untuk dibimbing guna melestariakan seni dan budaya agar tidak punah.

“Ini perlu saya ingatkan kepada kita semua karena upaya melestarikan seni dan budaya ini merupakan sebuah hal yang sangat penting, mengingat, selain merupakan warisan yang sangat berharga bagi para generasi yang akan datang, berbagai kebudayaan yang kita miliki, juga dapat menjadi ajang promosi daerah, sehingga saya sangat berharap agar kiranya melalui pelaksanaan seminar budaya pada pagi hari ini, akan ada keputusan-keputusan strategis dalam rangka revitalisasi seni dan budaya mongondow dalam rangka pelestarian nilai-nilai kearifan lokal,” pungkasnya. (*/irg)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here