Ilustrasi (f-Istimewah)

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali mengancam warga Kotamobagu. Selang Lima bulan, Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat sebanyak 81 laporan kasus tersebut.“Penyakit ini bisa menyerang kapan saja kalau lingkungan tidak bersih. Itulah mengapa kami sering me-warning warga agar memperhatikan kebersihan, guna mencegah serangan penyakit mematikan ini,” beber Kepala Dinkes Kotamoabgu Devie Ch Lala melalui Koordinasi Foging Dinkes Ernawati Sinturi, Jumat (10/05/2019).

Dari laporan tersebut, beruntung belum ada yang menapaki status Kejadian Luar Biasa (KLB). “Misalnya tidak ada yang meninggal, kalau ada, berarti dia (korban) sudah masuk dalam KLB. Dan itu harus langsung ditangani oleh pihak rumah sakit. Namun beruntung selang lima bulan hanya laporan. Yakni, Januari 38, Februari 30, Maret 10, April 3 dan Mei 0 laporan,” ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat P2P Apek Daeng Mangati, wilayah paling dominan terserang DBD ada di Kecamatan Kotamobagu Timur. “Karena kecamatan ini paling banyak terdapat kasus DBD,” bebernya.

Apek kembali mengingatkan pentingnya perhatian masyarakat tentang kebersihan lingkungan. Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan yang berpotensi menimbulkan wadah penyakit DBD. “Mari kita jaga bersama kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya DBD,” pungkasnya.

 

IR GILALOM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here