Beranda Daerah Kotamobagu Nayodo Ajak Masyarakat Lestarikan Adat dan Budaya Bolmong

Nayodo Ajak Masyarakat Lestarikan Adat dan Budaya Bolmong

155
0
Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan saat memberikan sambutan dalam Seminar tentang Kebudayaan Bolmong, , di Restauran Lembah Bening, Rabu (21/11/2018).

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus melestarikan nilai-nilai seni, adat, dan budaya Bolaang Mongondow (Bolmong).

Ajakan tersebut dikatakanya saat membuka Seminar tentang Kebudayaan Bolmong, yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, di Restauran Lembah Bening, Rabu (21/11/2018).

“Saya mengajak bagi semua pihak agar turut berpatisipasi menjaga dan melestarikan seni, adat, budaya dari para leluhur kita,” katanya.

Ia pun berharapa, khusunya bagi genarasi muda agar dapat memanfaatkan kegiatan seperti ini untuk  menambah pengetahuan terkait budaya Bolaang Mogondow.

“Peran serta generasi muda sangat penting dalam melestarikan seni, adat, dana budaya Bolaang Mongondow. Para pemuda saya harap agar memahami betul adat dan budaya daerah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kotamobagu, Agung Adati, mengatakan seminar itu dihadiri sejumlah pihak. Diantaranya, dari unsur pemerintah, akademisi serta lembaga adat se- Kotamobagu, guna memberikan saran, pendapat serta  solusi terkait  pelestarian seni, adat dan budaya di bumi totabuan ini.

“Adapun hasil seminar itu, dicatat sebagai bahan rekomendasi penting guna melsetariakan Adat dan Budaya Bolaang Mongondow,” katanya

Disbudpar juga melakukan inventarisasi sejumlah kesenian dan tradisi lokal lainya.

“Nantinya itu kita hidupkan kembali melalui pentas seni sebagai bagian dari Revitalisasi dan Reaktulisasi Adat dan Budaya,” terangnya. (irg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini