Nurachim P Mokoagow

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Sekitar 2,8 ton bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Kota Kotamobagu akan disalurkan di tahap II. Penyaluran dilakukan, untuk menjaga harga pangan menyusul musim kemarau panjang yang dapat menyebabkan menurunnya produksi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Kotamobagu Nurachim Mokoagow mengatakan, penyaluran bantuan beras CPP tahap II secepatnya akan dilakukan. Menurutnya, dari 15 ton besar yang disalurkan, masih tersisa 2.890 kg untuk tahap II.¬†“Ini segera kita salurkan untuk menjaga stabilitas harga pangan karena musim panas yang cukup panjang,” kata Nurachim belum lama ini.

Lanjutnya, harga pangan di pasaran masih terbilang stabil. Namun, jika naik lebih dari 10 persen dari harga normal, maka pihaknya akan mengintervensi itu. “Tapi harga saat ini masih stabil, kalaupun naik paling tidak melewati koefisien harga pangan,” ujarmya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Ashar Kulo menambahkan, pihaknya sedang dalam pengumpulan data penerima dari setiap desa/kelurahan di Kotamobagu. Menurutnya, ada masih 186 Kepala Keluaga (KK) yang menerima bantuan tahap II nanti.

“Dari 1.000 KK, yang sudah tersalurkan pada tahap pertama itu 814. Kita sudah koordinasikan dengan pihak pemerintah desa/kelurahan soal data penerima CPP ini. Sudah ada 10 desa yang memasukkan dan setiap keluarga nantinya akan menerima 15 kg beras,” tambahnya.

Pengumpulan data ini lanjut Ashar, segera dilakukan agar lebih cepatkan bantuan disalurkan. Sebab, selesai pengumpulan data masih akan dibuat SK penyaluran.¬†“Kami berharap secepatnya akan disalurkan, tentunya dengan bantuan pihak pemerintah desa/kelurahan untuk segera memasukkan data penerimanya,” pungkasnya.

 

Zakir Mokoginta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here