Kotamobagu – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kotamobagu telah menyelesaikan proses seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahap pertama.

Kepala Dispora Kotamobagu, Marham Anas Tungkagi mengatakan, seleksi yang dilaksanakan selama dua pekan itu, diikuti sekitar 341 siswa calon Paskibraka.

“Rencananya pekan ketiga atau keempat pada bulan Maret ini akan kita umumkan nama-nama yang lulus seleksi tahap 1. Untuk pekan pertama dan kedua ini, kita masih akan menyelesaikan rekapitulasi hasil seleksi,” kata Anas, Senin (02/3/2020).

Lanjutnya, ada beberapa kriteria yang pihak Dispora Kotamobagu nilai. Mulai dari tinggi badan, penguasaan Parade PBB, stamina, tangan tidak bengkok, serta kaki tidak berbentuk O dan X.

“Selanjutnya seleksi ditingkat kota akan dipertajam lagi. Mulai dari parade PBB perkelompok yang memiliki komposisi ideal, tes tertulis, wawancara, tes kebugaran dan lain sebagainya. Pun, jumlah siswa yang mengikuti seleksi tahap 1 ini naik 30 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 247 peserta,” ujarnya.

Menurut Anas, sebelum proses rekap jumlah total nilai yang mengikuti seleksi, masih terlebih dahulu akan di bahas tim yang akan lolos tahap dua. Karena diangka 200 yang lolos tahap dua, selama April – Mei – Juni pasti akan mengerucut ke 36, plus dua ke Provinsi dan Nasional di awal bulan Juli.

“Yang pasti syarat utama bagi laki-laki 170 cm dan prempuan 165 cm. Itu wajib di penuhi calon paskibraka. Kita berharap, peserta yang akan lulus pada tahap kedua ini, benar-benar memenuhi kriteria tersebut.” Tutupnya. (Zak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here