INFOKINI, BOLMONG – Aktivitas galian C di sungai Poigar Desa Mondatong, Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong, tepatnya di jembatan perbatasan antara Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Kabupaten Bolmong diduga tak kantongi ijin.

Dari hasil investigasi diduga aktivitas ini sudah dilakukan sejak lama, sebelumya aktivitas juga dilakukan penggalian di sungai yang berada di belakang Desa Mondatong. Menariknya, konon kabar menyebutkan kalau galian C tersebut diduga milik salah satu calon legislativ yang bermukim di desa Poigar.

Waktu berjalan saat ini aktivitas penggalian dekat dengan jembatan yang jaraknya hanya sekitar 20-an meter.

Penggalian ini pula dilakukan dengan menggunakan alat berat berupa excavator dan diangkut dengan beberapa kendaraan Dum Truck yang  mondar-mandir mengangkat material pasir.

Olehnya, diminta agar pihak yang berwenang segera mengambil tindakan karena selain diduga tak mengantongi ijin, takutnya akan berdampak pada kondisi jembatan yang merupakan penghubung jalan trans Sulawesi.

Tak hanya itu, adanya kegiatan galian C ini diduga bisa berdampak pada beberapa desa yang dilewati air sungai jika terjadi banjir kiriman.  Desa-desa tersebut bukan hanya di Kabupaten Bolmong, namun juga yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan.

 

Tim Info Kini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here