Beranda Daerah Kotamobagu BP2MI RI Gelar Sosialisasi PMI di Kotamobagu

BP2MI RI Gelar Sosialisasi PMI di Kotamobagu

133
0
BP2MI RI Gelar Sosialisasi PMI di Kotamobagu
Kepala BP2MI RI, Benny Ramdhani sedang menyampaikan sambutan pada sosialisasi PMI di Poyowa Besar 2, Kota Kotamobagu, Jumat (05/05/2023),

IKNews, KOTAMOBAGU — Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Republik Indonesia (RI), Benny Ramdhani, secara resmi, melakukan sosialisasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), di Desa Poyowa Besar Dua, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (05/05/2023) sore tadi.

Diketahui, kegiatan ini dirangkaikan dengan pelaksanaan Halal Bialal, bertempat di gedung Balai Desa Poyowa Besar Dua.

Kedatangan Kepala BP2MI RI, didampingi Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Baso Simbolong, Biro Hukum dan Humas BP2MI Hadi Wahyuningsih, Biro Keuangan dan Umum Indra Hardiansah, Kepala BP2MI Jabar Kombespol Mulya Nugraha, dan Kepala BP2MI Sulut, Hendra T Makalalag.

Kepala BP2MI RI, Benny Ramdhani, mengawali sambutannya mengatkan, para PMI, jangan khawatir dengan fasilitas.

Pasalnya, saat ini pemerintah melalui BP2MI, telah menyediakan berbagai fasilitas untuk calon PMI, dalam memudahkan mereka bekerja di luar negeri.

Bahkan kata politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, BP2MI RI, dibawah nahkodanya telah membuka kerja sama dengan pemerintah daerah se-Indonesia termasuk Kota Kotamobagu bagi warga masyarakatnya yang ingin bekerja di luar negeri.

“Kami pun sudah menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu,” imbuhnya.

Dikatakan Benny Ramdhani, sekarang tugas Pemkot adalah menyiapkan SDM bagi CPMI.

“Misalnya anak-anak muda dari desa dan kelurahan yang berkeinginan bekerja di luar negeri, dikomunikasikan dengan Dinas Ketenagakerjaan dan BP2MI,” ucapnya.

Benny pun menjelaskan, kepada masyarakat terutama anak muda yang ingin menjadi PMI, harus ada modal dasar seperti kompetensi dan keahlian, termasuk kemampuan berbahasa itu yang akan dibantu BP2MI bersama Pemkot Kotamobagu.

“Menyangkut masalah permodalan, CPMI jangan khawatir, sebab tidak akan keluar uang sepeserpun. dimana berbagai kemudahan telah disediakan BP2MI,” ujarnya kembali.

Perlu diketahui, kata Benny, soal permodalan yang disediakan itu sebesar Rp100 juta, bagi calon PMI ingin berangkat ke luar negeri dan untuk pinjaman ini dapat dicicil setiap bulan dengan bunga yang sangat rendah, karena ini dalam bentuk skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa anggunan,” terangnya.

Syaratnya pun mudah kata Benny Rramdhani, hanya dengan tanda tangan kepala BP2MI Sulawesi Utara, Hendra Makalalag, dan pihak Bank akan mencairkan dananya.

Sehari sebelumnya yakni Kamis malam, pihak BP2MI RI, juga melakukan sosialisasi PMI, yang sama kepada masyarakat Kota Kotamobagu, khususnya di Desa Poyowa Besar 1.

Reporter: Matt Nasaru

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini