Beranda Sulawesi Tengah Kab. Tojo Una Una Ratusan Warga Desa Tontowea Tuntut PT. Sawit Jaya Abadi Kembalikan Lahan 150...

Ratusan Warga Desa Tontowea Tuntut PT. Sawit Jaya Abadi Kembalikan Lahan 150 Hektar

537
0

IKNews, TOUNA – Ratusan warga Desa Tontowea, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara, mendesak PT Sawit Jaya Abadi (SJA) Group Astra Agro Lestari untuk segera mengembalikan lahan seluas 150 hektar yang saat ini dikuasai perusahaan.

Warga mengklaim lahan tersebut adalah hak mereka dan saat ini dikuasai tanpa persetujuan yang sah.

Tuntutan ini muncul setelah warga merasa hak mereka atas pembagian hasil dari perusahaan diabaikan selama 12 tahun terakhir

Mereka memperkuat tuntutan dengan dokumen tanah ,maupun dokumen kesepakatan antara warga dan perusahaan yang menunjukkan hak atas lahan tersebut.

Selain itu Informasi yang diterima menyebutkan bahwa izin lokasi perusahaan diduga telah kedaluwarsa dan perusahaan tidak memiliki Hak Guna Usaha (HGU), tetapi tetap melanjutkan operasinya.

Koordinator Lapangan Desa Tontowea, Asjuni, menjelaskan lahan awalnya diserahkan kepada PT SJA untuk ditanami sawit dengan kesepakatan bahwa warga akan mendapatkan 20 persen dari hasil panen. Namun hasil satu sen pun tidak pernah dibagi dengan masyarakat

“PT SJA tidak mengakui hasil kerjasama dan menganggap lahan tidak ada, khususnya di lahan usaha 2 Desa Tontowea,,” ungkap Asjuni melalui sambungan telepon pada Selasa (30/7/2024).

Asjuni menambahkan bahwa kemitraan dengan PT SJA tidak berjalan sesuai kesepakatan sejak perusahaan mulai panen produktif pada 2012.

Selain itu Asjuni juga menyoroti PT SJA yang tidak dapat menunjukkan hak atau HGU mereka.

Untuk itu Asjuni berharap PT Sawit Jaya Abadi segera mengembalikan lahan tersebur untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat

Hingga berita ini diturunkan, perusahaan belum memberikan tanggapan resmi. Diharapkan penyelesaian kasus ini dapat dilakukan secara adil dan memuaskan semua pihak yang terlibat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini