Beranda Sulawesi Tengah Buol Pemkab Buol Ikut Rakornas Pengawasan Interen (Wasin) Tahun 2023

Pemkab Buol Ikut Rakornas Pengawasan Interen (Wasin) Tahun 2023

72
0
Gambar : Foto Suasana Pemerintah Daerah Kab. Buol saat Mengikuti Rakornas (14/6/2023).

IKNews, BUOL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buol telah mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait pengawasan interen (Wasin) tahun 2023. Melalui aplikasi Zoom Meeting bertempat di lantai III Kantor Bupati Buol Rabu, 14/6/2023.

Dalam kegiatan itu Pemda Kabupaten Buol diwakili oleh tim Inspektur Inspektorat Kabupaten Buol, berlangsung aman dan lancar. Tema yang diangkat dalam Rakornas tersebut, “Kawal Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi“.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam arahannya, mengimbau agar Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) terus mengawal, mengoreksi dan mengarahkan para instansi agar dapat menggunakan anggaran secara efektif untuk hal-hal yang konkret, ucapnya di sela–sela rakornas.

Presiden memberikan contoh penggunaan anggaran untuk penanganan stunting benar-benar dimaksimalkan sesuai dengan peruntukannya. “ Kalau 10 Milyar itu anggarannya mestinya untuk yang lain-lainnya itu Rp 2 Milyar dan Rp 8 Milyar langsung dibelikan telur, ikan, daging, sayur berikan ke yang stunting”, tegasnya.

Lanjut kata Presiden Joko Widodo, terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pihaknya berharap penggunaan anggaran benar-benar harus konkret antara lain untuk modal kerja, beli mesin produksi, untuk marketing dalam mengikuti pameran.

Menurut presiden, dalam rangka meminimalisir penggunaan anggaran yang tidak tepat itulah tugas BPKP selaku pengawas internal, olehnya BPKP dalam melakukan pengawasan harus berorientasi hasil.

Pada akhir sambutannya kepala negara minta kepada seluruh daerah untuk tidak mengabaikan rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh BPKP.*

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini