Beranda Sulawesi Tengah Buol Buol Tertinggi Angka Stunting di Sulteng

Buol Tertinggi Angka Stunting di Sulteng

73
0
Gambar : Buol tertinggi angka Stuting di Sulteng .

IKNews, BUOL – Angka stunting di Kabupaten Buol dalam dua tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan, dan Buol menempati urutan teratas melebihih 30 persen setelah Kabupaten Sigi.

Hal ini disebabkan karena perhatian Pemerintah kabupaten (pemkab) Buol bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengalami kebuntuan alias kurang efektif dalam menangani masalah tersebut, minimnya anggaran sosialisasi dan kegiatan kepada masyarakat utamanya yang berdomisili di pedesaan tidak terjangkau secara keseluruhan.

”Saya dari Provinsi Sulteng akan menata kembali kelemahan kita dalam menangani stunting di Buol,“ ungkap Tenny AC Serinton bagian BKKBN Provinsi Sulteng kepada sejumlah wartawan usai kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Stunting di Dinas Kesehatan Senin (8/5).

Ia menyebutkan naiknya kasus stunting di Kabupaten Buol dikarenakan faktor minimnya anggaran dari pemerintah, juga disebabkan pola hidup masyarakat itu tidak teratur seperti tingginya angka kehamilan dan anak yang sulit dilaksanakan serta pernikahan yang belum layak menjalani rumah tangga, pola hidup tidak sehat dan makan tidak teratur serta asupan gizi pada anak yang kurang karena faktor ekonomi yang lemah dan kebiasaan hidup masyarakat lainnya yang sulit hilang.

“Tahun ini kita akan berupaya semaksimal mungkin agar stunting di Buol bisa turun,” ujar Tenny.

Sementara itu Camat Bokat Moh Iksan Mangge memaparkan ada tiga desa Duamayo, Poongan dan Tang perlu perhatian serius oleh pemerintah kabupaten (pemkab) terutama Dinas Tehnis yang menangani kasus ini sebab beberapa faktor penyebabnya masih adanya angka kemiskinan, pola hidup yang tidak teratur dan sumber daya masyarakat yang belum paham terkait masalah tersebut sehingga dibutuhkan perhatian Pemkab Buol dan OPD dalam menurunkan angka stunting di 3 desa itu yang berkisar 20-25 persen.

“Kalau pemerintah serius menangani masalah ini kami yakin angka stunting akan turun signifikan,“ demikian Camat Bokat Iksan Mangge.*

Reporter : Jamaludin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini