Beranda Politik The Winner Perjuangkan Petani Lewat BUMD Sentra Tani

The Winner Perjuangkan Petani Lewat BUMD Sentra Tani

198
0
Perjuangkan Hak Petani, Pasangan The Winner hadirkan BUMD Sentra Tani untuk masyarakat kota kotamobagu. (Art: Ji)

IKNews, Kotamobagu – Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kotamobagu, dokter Weny Gaib dan Rendy V Mangkat yang dikenal dengan sebutan “The Winner,” memperkenalkan program unggulan untuk menstabilkan harga hasil pertanian melalui pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sentra Tani. Langkah ini diharapkan mampu mengatasi fluktuasi harga yang seringkali merugikan petani lokal.

Kotamobagu memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, dengan hasil utama seperti kakao, kopi, pala, jagung, dan berbagai komoditas lainnya. Namun, masalah harga yang tidak stabil serta dampak hama dan penyakit tanaman kerap menjadi tantangan bagi para petani. “The Winner” menawarkan solusi strategis melalui BUMD Sentra Tani yang bergerak dalam bidang perdagangan hasil-hasil pertanian. Program ini diharapkan mampu menjadi jembatan antara petani, pasar, dan pemerintah untuk menciptakan harga yang lebih stabil.

Adapun program unggulan yang ditawarkan “The Winner” mencakup lima poin penting:

1. Penjaga Kestabilan Harga

BUMD Sentra Tani akan menjadi pembeli utama hasil-hasil pertanian di Kotamobagu untuk menjaga kestabilan harga. Melalui penyimpanan di gudang yang memadai, produk dapat disimpan lebih lama tanpa harus langsung dijual saat harga rendah.

2. Membuka Jaringan Pemasaran

BUMD Sentra Tani akan membuka jaringan pemasaran yang lebih luas, tidak hanya di wilayah Kotamobagu, tetapi juga ke daerah lain yang membutuhkan komoditas lokal. Ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing produk pertanian lokal.

3. Penyediaan Mesin Pengering

Salah satu masalah yang dihadapi petani adalah kurangnya fasilitas pengering untuk menjaga kualitas hasil panen. BUMD Sentra Tani akan menyediakan mesin pengering yang dapat membantu petani mengatasi masalah cuaca yang tidak menentu, terutama untuk produk seperti kakao, kopi, jagung, dan pala.

4. Kemitraan dengan BUMDes

Program ini juga melibatkan kemitraan dengan BUMDes di 15 desa di Kotamobagu sebagai upaya untuk memperkuat jaringan distribusi dan pemasaran. BUMDes juga akan berperan dalam pengadaan pupuk dan obat-obatan yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

5. Menyediakan Data Informasi Harga Pasar

Sebagai bagian dari layanan BUMD Sentra Tani, petani akan mendapatkan informasi terkait harga pasar terkini, sehingga mereka dapat menentukan strategi penjualan yang lebih efektif dan menguntungkan.

Dengan strategi ini, pasangan “The Winner” berharap dapat memberikan solusi konkret bagi para petani Kotamobagu untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini