Beranda Politik MJP Sosialisasikan Ranperda BRIDA di Desa Treman

MJP Sosialisasikan Ranperda BRIDA di Desa Treman

70
0

IKNews-SULUT- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Melky Jakhin Pangemanan (MJP) melaksanakan Sosialisasi Ranperda Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) dengan menghadirkan Mahasiswa Unsrat dan Masyarakat, Jumat (22/07/2023) di Desa Treman Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Saat membuka Sosialisasi MJP menyatakan DPRD ingin menghasilkan sebuah regulasi atau aturan yang lahir atau diinisiasi oleh masyarakat, apa yang menjadi harapan publik akan dituangkan dalam Ranpeda yang nantinya diramu oleh Bapemperda dan tim yang ada.

”Bagi kami hal ini penting dan mendasar, bagaimana nantinya kehadiran dari BRIDA ini bukan hanya sekedar sebuah pelengkap disamping ada perangkat daerah lainnya seperti Bapelitbang, BPSDM provinsi Sulut, namun bagaimana mengoptimalkan badan ini agar bisa terintegrasi dengan dunia Perguruan Tinggai atau Kampus , akademisi, para teknokrat, ASN dan mereka yang expert dibidangnya, sehingga melahirkan policy atau kebijakan kebijakan yang berimplikasi positif bagi pembagunan daerah, ” ungkap Wakil ketua Bapemperda DPRD Sulut ini.

Tambahnya ada 2 pilihan yang perlu digali yang bisa lahir dari masyarakat dan dunia kampus yakni apakah BRIDA ini hanya bagian dari sebuah perangkat daerah ataukah BRIDA ini bisa berdiri secara otonom dengan aturan yang mengacu pada Perpres 68 tahun 2021 tentang Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

“Kami DPRD tengah gencar melaksanakan sosialisasi Ranperda BRIDA untuk menampung sebanyak mungkin masukan dan dikaji secara komprehensif dan matang,” jelas Ketua DPW PSI Sulut ini.

Bukan hanya menggelar sosialisasi, namun MJP juga memastikan akan menyebar kuesiononer di PT atau dunia kampus untuk mendapatkan ide ide cemerlang dari kaum intelekual, guna memperkaya Ranperda yang ada.

“Sumbangsi pemikiran, ide dan gagasan masyarakat didalamnya kaum mahasiswa sangat penting. Kajian ilmiah yang didapat akan menjadi bahan masukan untuk DPRD Sulut,” tandas MJP yang juga akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Sulut dapil Minut Bitung.

(Des)*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini