Beranda Pemilu Bawaslu Pimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Ketua Bawaslu Kotamobagu Soroti ini

Pimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak 2024, Ketua Bawaslu Kotamobagu Soroti ini

98
0
Ketua Bawaslu Kotamobagu saat memimpin Apel Siaga Kesiapan Masa Tenang, Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024.(Gie)

IKNews, Bawaslu – Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, Yunita Mokodompit, memimpin pelaksanaan Apel Siaga Kesiapan Masa Tenang, Pemungutan, Penghitungan, dan Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024. Acara tersebut digelar di Halaman eks Kantor Bupati Bolaang Mongondow pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Yunita Mokodompit menegaskan pentingnya peran Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat dalam mengawasi masa tenang pemilu. Dia mengingatkan bahwa masa tenang seringkali diwarnai oleh praktik-praktik kecurangan, seperti politik uang dan penyebaran berita bohong.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu agar melakukan patroli pengawasan untuk mencegah potensi pelanggaran yang bisa saja terjadi pada masa tenang,” ujar Yunita Mokodompit.

Salah satu kekhawatiran utama Bawaslu Kota Kotamobagu adalah praktik money politik yang sering terjadi pada masa tenang. “Masa tenang seringkali diwarnai oleh praktik money politik yang mengancam integritas demokrasi. Oleh karena itu, kami sebagai Bawaslu bersama masyarakat harus menolak dan melawan praktik tersebut,” ujarnya.

Yunita menambahkan, memasuki masa tenang ini selain mewaspadai money politik, pihaknya juga mulai melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada tanggal 11 Februari 2024.

“Kami akan bersinergi dengan Dinas POL PP, TNI, dan Polri untuk membersihkan APK yang ada, baik yang melanggar maupun yang tidak. Rencananya, pukul 10 pagi besok, kami akan langsung melaksanakan penertiban APK,” Tandasnya.

Diketahui, apel siaga tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pengawas pemilu di Kota Kotamobagu, termasuk pengawas desa, kelurahan, dan TPS.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini